MAKNA INTERPERSONAL TEKS OPINI KASUS BASUKI TJAHJA PURNAMA (AHOK) PADA HARIAN KOMPAS DAN REPUBLIKA

Authors

  • Riska Kusumawati Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v3i2.5132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna interpersonal melalui struktur mood dengan mengkaitkan struktur teks. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks opini pada harian Kompas dan Republika. Data penelitian ini adalah klausa-klausa yang terdapat pada teks opini pada harian Kompas dan Republika.  Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional melalui struktur mood. Teknik analisis dilakukan dengan domain, taksonomi, dan,komponensial. Penelitian ini menghasilkan perbedaan struktur teks,yaitu stuktur teks  harian Kompas adalah eksposisi sedangkan harian Republika adalah diskusi. Kedua teks opini tersebut  mempunyai kesamaan dalam aspek status dan aspek kontak. Pada aspek status, posisi penulis lebih tinggi daripada pembaca. Pada aspek kontak kedua teks opini tersebut tergolong tidak familiar karena banyak menggunakan nominalisasi dan istilah teknis sehingga mengakibatkan pembaca lebih sulit memahami isi teks. Pada aspek afek, teks opini pada harian Kompas lebih menunjukkan keberpihakkan kepada Ahok, sedangkan pada harian Republika teks opini menunjukkan penilaian negatif. Temuan tersebut berdasarkan bukti linguistik dengan menggunakan struktur mood melalui tenor (pelibat).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Araghi, S. M., & Shayegh, K. (2011). Interpersonal Metafunction of Gender Talk in ELT Classrooms. Journal of Academic and Applied Studies, 1(2).

Asnani. (2008). Mood Structure in Deden R. Hidayat’s Short Story “ I Named You Adzan.” JULISA, 8(1).

Djatmika. (2012). Perilaku Bahasa di dalam Teks Kontrak dari Kacamata Linguistik Sistemik Fungsional. Surakarta: UNS Press.

Ezeifeka, C. R. (2013). Critical Discourse Analysis of Interpersonal Meaning and Power Relations in Selected Inaugural Political Speeches in Nigeria. UJAH, 3(8).

Gerot, L., & Wignel, P. (1995). Making Sense of Functional Grammar. Sydney: Gerd Stabler.

Halliday, M. A. K. (1994). An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold.

Khany, R., & Hamzelou, Z. (2014). A Systemic Functional Analysis of Dictators’ Speech: Toward a Move-based Model. ScienceDirect.

Martin, J. R. (1992). English Text: System and Structure. Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.

Martin, J. R., Matthiessen, Christian, M. I. ., & Painter, C. (2003). Working with Funtional Grammmar. London: Arnold.

Santosa, R. (2003). Semiotika sosial: Pandangan terhadap bahasa. Surabaya: Pusaka Eureka.

Downloads

Published

2019-04-08

How to Cite

Kusumawati, R. (2019). MAKNA INTERPERSONAL TEKS OPINI KASUS BASUKI TJAHJA PURNAMA (AHOK) PADA HARIAN KOMPAS DAN REPUBLIKA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v3i2.5132

Issue

Section

Articles