PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MAHASISWA DI UNIVERSITAS PUTERA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v3i2.5133Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar mahasiswa di Universitas Putera Batam. Hal ini tergambar dalam hasil tes mahasiswa yang belum memenuhi Kriteria kelulusan yang ditetapkan. Permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu (1) budaya membaca mahasiswa masih sangat minim, (2) mahasiswa kesulitan dalam mengembangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan secara sistematis, (3) metode yang digunakan belum bervariatif serta belum disesuaikan dengan materi serta kebutuhan mahasiswa, dan (4) media yang digunakan selama proses pembelajaran belum mengacu pada media interaktif. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode Quantum Learning berbasis media interaktif terhadap prestasi belajar mata kuliah umum bahasa Indonesia mahasiswa di Universitas Putera Batam. Metode penelitian ini menggunakan metode quasy experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Putera Batam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen dan pengumpulan data dilakukan melalui instrumen, yaitu angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata kuliah umum bahasa Indonesia meningkat dan berpengaruh dengan menerapkan metode Quantum Learning berbasis media interaktif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh sedangkan = 1,6607 pada taraf nyata dengan = 0,05 dan dk = 56. Hipotesis yang menunjukkan diterima karena . Selain itu, tidak terdapat interaksi antara metode Quantum Learning dengan media interaktif dalam mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa < (0,03 < 1,35) untuk interaksi = 0,05.Downloads
References
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. DePorter, Bobbi. Reardon, Mark. Nouri, S. S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktekan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa. Irianto. (2004). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Perdana Media. Oktavia, Y. (2017). The Effectiveness of Quantum Learning Method Technology-Based Assisted Learning Media Toward Students’ Learning Achievement on Indonesian Subject at Grade XII of SMAN 5 Batam. In ICST 2017 (Vol. 1). Rusman. (2010). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Progesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Rustaman N.Y. Dirdjosoemarto, S. Yudianto, Achmad Y. Subyekti R, Rochintaniat D., dan N. M. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Sari, Intan Kumala, Budhi Setiawan, K. S. (2012). Penerapan Metode Quantum Learning dengan Teknik Pengelompokan (Clustering) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1 nomor 3, 30–42. Sigit, B. J. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: rajawali Pers. Sujana, N. dan A. R. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Suryabrata, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.