PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TIMNAS UNTUK MENULIS PUISI SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • Farida Yufarlina Rosita Tadris Bahasa Indonesia FITK Institut Agama Islam Negeri Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5481

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis puisi untuk siswa kelas VIII SMP. Pengembangan model tersebut memperhatikan aspek kualitas, pelaksanaan, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Dick and Carey. Tahapan yang digunakan meliputi 1) analisis situasi awal, 2) pengembangan rancangan produk, 3) membuat produk, 4) uji kelayakan, 5) revisi produk dan 6) produk akhir. Hasil validasi oleh ahli, guru, dan pengguna (siswa)  secara keseluruhan memperoleh rata-rata 92,38%. Hal ini menunjukkan model pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Hasil tersebut juga didukung rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji T-test independent sample memperoleh nilai 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Berdasarkan hasil validasi dan uji T-test independent sample bahwa model pembelajaran TIMNAS layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: model pembelajaran, TIMNAS, menulis puisi

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-22

How to Cite

Rosita, F. Y. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TIMNAS UNTUK MENULIS PUISI SISWA SMP KELAS VIII. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5481

Issue

Section

Articles