NILAI PERILAKU YANG BENAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INGGRIS KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7551Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai perilaku yang benar yang merupakan salah satu fokus nilai humanistik yang ditinjau dari monolog, dialog, dan latihan dalam buku teks pelajaran bahasa Inggris SMA kelas X penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Data dikumpulkan melalui tahapan pembacaan buku teks secara seksama, mengidentifikasi, pengkodean, dan pengklasifikasian. Prosedur analisis data yang digunakan adalah analisis isi oleh Philip Marying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks latihan adalah nilai kemampuan beretika dengan indikator pola aturan. (2) Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks dialog adalah nilai kemampuan sosial dengan indikator hubungan baik. (3) Nilai perilaku yang benar yang mendominasi ditinjau dari teks monolog adalah nilai dalam kemampuan beretika dengan indikator ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan nilai perilaku yang benar dengan kemampuan beretika pola aturan, ketekunan dan kemandirian belajar, serta kemampuan bersosial dengan indikator hubungan baik yang terdapat dalam teks monolog, teks latihan, dan teks dialog buku teks bahasa Inggris.Downloads
References
Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. San Francisco: San Francisco State University Press.
Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal-soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 78-98.
Idris, S., & Tabrani, Z. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96-113.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.
Maemun, A. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Budi Pekerti Berbasis Nilai-Nilai Humanistik. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 34-45.
Manurung, R. T. (2012). Pendidikan Antikorupsi sebagai Satuan Pembelajaran Berkarakter dan Humanistik. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 227-239.
Mayring, P. (2007). On Generalization in Qualitatively Oriented Research. Paper presented at the Forum Qualitative Sozialforschung/Forum: Qualitative Social Research.
Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Naagarazan, R. (2007). A Textbook on Professional Ethics and Human Values. New Delhi: New Age International.
Nugraha, A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Humanistik untuk Menumbuhkan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII. JPP, 1(1), 1-9.
Setiyadi, D. (2016). Kurikulum Humanistik dan Pendidikan Karakter: Sebuah Gagasan Pengembangan Kurikulum Masa Depan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(1), 26-39.
Solikhah, I. (2014). Buku Teks Bahasa Inggris Akademik Berbasis Kompetensi untuk Mahasiswa Jurusan Non-Bahasa Inggris (Penelitian dan Pengembangan di Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah dan DIY). UNS (Sebelas Maret University).
Suyadi. (2014). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Utami, E., & Hartati, S. (2007). Pendekatan Metode Rule Based dalam Mengalihbahasakan Teks Bahasa Inggris ke Teks Bahasa Indonesia. Jurnal Informatika, 8(1), 42-53.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with The KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) agree to the following terms:
Articles are published under the Creative Commons Attribution 3.0 Unported License (CC-BY 3.0).
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya are required to cite the original source, including the author's names, KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) as the initial source of publication, year of publication, volume number and DOI (if available).
Authors may publish the manuscript in any other journal or medium but any such subsequent publication must include a notice that the manuscript was initially published by KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal).
Authors grant KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal) the right of first publication. Although authors remain the copyright owner, they grant the journal the irrevocable, nonexclusive rights to publish, reproduce, publicly distribute and display, and transmit their article or portions thereof in any manner.