BELAJAR SPEAKING BERBASIS MULTIMEDIA

Authors

  • Tasnim Lubis Politeknik LP3i Medan

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran speaking berbasis multimedia melalui pendekatan antropolinguistik. Pendekatan antropolinguistik mengombinasikan pembelajaran tuturan teks bahasa Inggris dalam pembelajaran speaking dengan ko-teks dan konteksnya. Hasil kuesioner, wawancara, dan tugas video merupakan data dalam penelitian ini. Data kuesioner diukur dengan menggunakan skala Likert. Untuk wawancara dan tugas video dianalisis dengan menggunakan pendekatan antropolinguistik yang menganalisis performansi berdasarkan teks, ko-teks, dan konteksnya. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, data display, dan verifikasi/simpulan. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa mahasiswa menyukai pembelajaran speaking melalui penggunaan multimedia yang dikemas dalam bentuk tugas video karena mereka dapat langsung praktik menggunakan bahasa Inggris sekaligus dengan menggunakan ko-teks seperti gesture, intonasi, dan peralatan yang digunakan dalam berbicara  seperti penutur asli (native speaker). Selanjutnya untuk konteks, mahasiswa mampu menghadirkan situasi formal untuk scene interview dan situasi nonformal sebelum dan sesudah scene interview. Pembelajaran speaking dengan penggunaan multimedia (tugas video) efektif untuk diaplikasikan di Politeknik LP3I Medan karena dapat membantu dalam menghilangkan sikap negatif dalam pembelajaran bahasa Inggris serta memberikan pemahaman secara langsung mengenai tahapan dalam mempelajari suatu topik pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tasnim Lubis, Politeknik LP3i Medan

Tasnim Lubis telah menyelesaikan jenjang pendidikan S3 di Program Doktor Linguistik di Universitas Sumatera Utara dengan judul disertasi: Tradisi Nandong Simeulue: Pendekatan Antropolinguistik dengan promotor Prof. Dr. Robert Sibarani, MS. Sebelumnya ia menyelesaikan S-2 di Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan pada program studi LTBI (Linguistik Terapan Bahasa Inggris) dengan judul Tesis: Metaphor in Hasan Tiro Speech. Ia menamatkan S-1di Fakultas Tarbiyah Bahasa Inggris STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, judul skripsi: Improving Students’ Reading Skill Through SQ3R at the Twelfth Grade Students of SMU Jaya Langsa. Sejak tahun 2014, ia diangkat sebagai dosen tetap Politeknik LP3I Medan yang mengampu mata kuliah; Bahasa Inggris, General English, English Business Correspondence, English Specific Purpose, dan Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2019-04-17

How to Cite

Lubis, T. (2019). BELAJAR SPEAKING BERBASIS MULTIMEDIA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 99–107. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7820

Issue

Section

Articles