PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR: KASUS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP YDB LUBUK ALUNG

Authors

  • Dwi Mutia Chan STKIP YDB Lubuk Alung
  • Irawati Rahman STKIP YDB Lubuk Alung

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata kuliah Pengajaran Keterampilan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP YDB Lubuk Alung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 37 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (independen) yaitu pengaruh gaya belajar dan variabel terikat (dependent) yaitu kemampuan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester VI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes membaca. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan statistik sederhana dan menggunakan persentase (%) untuk gaya belajar, sedangkan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar dianalisis menggunakan regresi sederhana dan ANOVA melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap mata kuliah keterampilan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP YDB Lubuk Alung. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa koofisien korelasi (ry) = 0,366 dengan . Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi bahwa gaya belajar mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Besaran pengaruh belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa 13,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-04-17

How to Cite

Chan, D. M., & Rahman, I. (2019). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR: KASUS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP YDB LUBUK ALUNG. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 27–39. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8279

Issue

Section

Articles