CATER FOR PROPER ENGLISH PRONUNCIATION IN THE PRIMARY SCHOOL LEVEL: PUT TO USE ARABIC CONSONANTS

Authors

  • Rosalin Ismayoeng Gusdian, M.A University of Muhammadiyah Malang
  • Riski Lestiono University of Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.9984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana bunyi konsonan Hijaiyah diperkenalkan dalam pengajaran pronunciation di kelas Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru Bahasa Inggris dari Sekolah Dasar Islam di Malang; kedua guru tersebut masing-masing mengajar kelas satu dan dua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian ditranskripsi, ditinjau, dan dieksplorasi dengan cermat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada tiga teknik yang digunakan dalam pembelajaran pronunciation, yaitu drilling, sound imitation, dan tes. Selain itu,  masing-masing teknik diintegrasikan ke dalam kegiatan EYL, melalui: menyanyikan lagu, mendongeng, dan permainan.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Articles