RECOUNTING AS REALIZATION OF BROWN AND LEVINSON’S POSITIVE POLITENESS STRATEGIES IN INSTRUCTIONAL INTERACTIONS

Authors

  • Agung Pramujiono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhari Suhari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tri Indrayanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dyah Rochmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.9996

Abstract

Dalam interaksi instruksional, seorang dosen dituntut mampu membangun harmoni di kelas sehingga terbangun suasana kelas yang kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bercerita sebagai realisasi strategi kesantunan positif Brown dan Levinson dalam interaksi instruksional di kelas. Subjek penelitian ini adalah enam orang dosen Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Data penelitian berupa ujaran dosen dalam perkuliahan.  Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik rekam dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif mengikuti model alir Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan cerita yang digunakan meliputi cerita tentang diri dosen, cerita tentang mahasiswa, cerita tentang pengalaman dosen, dan cerita tentang tokoh/sikap tokoh. Selain berfungsi membangun kedekatan hubungan dengan interaktan, strategi bercerita juga berfungsi untuk menanamkan nilai karakter dan untuk memotivasi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Pramujiono, A., Suhari, S., Indrayanti, T., & Rochmawati, D. (2021). RECOUNTING AS REALIZATION OF BROWN AND LEVINSON’S POSITIVE POLITENESS STRATEGIES IN INSTRUCTIONAL INTERACTIONS. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 137–145. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.9996

Issue

Section

Articles