ANALISIS PENGETAHUAN KONSEP DISCHARGE PLANNING MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Authors

  • Indah Dwi Pratiwi
  • Risa Herlianita

DOI:

https://doi.org/10.22219/jk.v1i2.401

Keywords:

discharge planning, knowledge

Abstract

ANALISIS PENGETAHUAN KONSEP DISCHARGE PLANNING MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Discharge Planning Concept Knowledge Analysis Amongst Nursing Students of Muhammadiyah University of Malang

Indah Dwi Pratiwi

Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang
Jl. Bendungan Sutami 188A Malang 65145
e-mail: indah3_pratiwi@yahoo.com

ABSTRAK

Discharge planning adalah suatu proses dimulainya pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang diikuti dengan kesinambungan perawatan baik dalam proses penyembuhan maupun dalam mempertahankan derajat kesehatannya sampai pasien merasa siap untuk kembali ke lingkungannya. Discharge planning bertujuan untuk meningkatkan kontinuitas perawatan, meningkatkan kualitas perawatan dan memaksimalkan manfaat sumber pelayanan kesehatan. Discharge planning dapat mengurangi hari perawatan pasien, mencegah kekambuhan, meningkatkan perkembangan kondisi kesehatan pasien dan menurunkan beban perawatan pada keluarga dapat dilakukan melalui discharge planning. Menerapkan suatu ilmu, dibutuhkan pengetahuan tentang ilmu tersebut karena pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengetahuan dan tingkat pengetahuan konsep discharge planning mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik. Hasil analisis statistik didapatkan bahwa pengetahuan mahasiswa keperawatan tentang konsep discharge planning menunjukkan bahwa seluruh responden termasuk dalam pengetahuan yang kurang yaitu sebanyak 100%. Tingkat pengetahuan mahasiswa sebagian besar berada pada ranah pengetahuan: tahu (pada soal nomor 1 sebanyak 93,8%), paham (pada soal nomor 10 sebanyak 98,8%) dan seluruh responden masih belum bisa mengerjakan soal pada ranah pengetahuan aplikasi, analisis, dan sintesis. Kesimpulan dari penelitian ini disarankan untuk memasukkan materi discharge planning dalam materi perkuliahan di mana dapat menyempurnakan materi proses dan dokumentasi keperawatan yang telah didapatkan dan dapat juga mengaplikasikan dan menekankan penerapan discharge planning pada masing-masing mata kuliah keperawatan yang diampu.

Kata kunci: discharge planning, pengetahuan

ABSTRACT

Discharge planning is a process which is start when the patient got a health care that followed by continuity of care not only in a healing process but also in maintaining their health degree until they are prepare returning on their neighborhood. The aim of discharge planning is to increase the continuity of care, to improve quality of care and to maximize the advantage of health care resources. It also reducing patient day of care, improving patient health condition and lessen family burden on health care cost. By applying science, it needs knowledge because knowledge or cognitive is an important domain in composing ones attitude. The purpose of this research is to analyze knowledge about discharge planning concept amongst nursing student of Muhammadiyah University. The method of this research is analytic descriptive study. From this research, it can be inferred that the nursing student knowledge about discharge planning concept was poor (100%). Whereas, student knowledge degree was in level of know (93,8%); comprehend (98,8%) and all the respondents were still couldn’t complete the questions on application, analysis and synthetic level. Our recommendation for all the lecturer are to include discharge planning topic on their subject which can completing nursing process and documentation; they also can apply the use of discharge planning in every nursing subject.

Keywords: discharge planning, knowledge

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta. Broome County Community Alternative Systems Agency. 2006. Nursing Hometo Community Program: A Discharge Planning Manual. (Online). w w w . g o b r o o m e c o u n t y . c o m /departments/casa.php. Diakses tanggal 10 Juli 2009. Carroll, A., Maura, D. 2007. Discharge Planning: Communication, Educationand Patient Participation. British Journal of Nursing Vol. 16 Page 882-886. Harper, E.A. 1998. Discharge Planning: An Interdisciplinary Method. SilverbergPress: Chicago, Illinois. LSUHSC-Shreveport, L.A. 2009. Discharge Planning. (Online). http://www.health.state.ny.us/professionals/patients/discharge_planning/. Diaksestanggal 10 Juli 2009. Maramba, P.J., Samantha, R., June, H.L. 2004. Discharge Planning Process: Applying A Model Evidence Based Practice. Journal of Nursing Quality Vol 19. Page 123-129. Lippincott Williams & Wilkins, Inc. Notoatmojo, S. 1997. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset. New Brunswick Department of Health and Wellness. 2002. Job Definition Of ADischarge Planning Coordinator. Author: Fredericton, NB. Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan Edisi Pertama. Jakarta: Rineka Cipta. Pemila, U. 2008. Konsep Discharge Planning. (Online). http://ukepemilaeduc.com/, Diakses tanggal 10 Juli 2009 Ristinawati. 2009. Rencana Pemulangan Post Partum (Discharge Planning). (Online). http://risti.hzeducation.com/. Diakses tanggal 10 Juli 2009. Rosdahl, C.B., Mary, T.K. 2008. Textbook of Basic Nursing 9th. Philadelphia:Lippincott Williams & Wilkins. Suwartiningsih. 2003. Pengaruh Pengetahuan dan Perilaku Perawatan Kaki Penderita Diabetes Mellitus terhadap Gangrene Diabetik di IRNA I SSUD Saiful Anwar Malang. Malang. Watt s, R., Heather, G. 2005. Nurse’s Perceptions of Discharge Planning. Nursing and Health Sciences 7. Page 175-183.

Downloads

Published

2010-12-29

Issue

Section

Articles