KONFLIK AGRARIA YANG TAK PERNAH REDA

Authors

  • Mukmin Zakie Universitas Islam Indonesia

Keywords:

Agrarian Conflict, Prosperity of Society, Legal Dualism

Abstract

The ideal goal to be achieved by this country when it declared Law Number 5 of 1960 on the Basic Regulation of Agrarian is the prosperity of society, especially farmers and there is no more conflict. Conflicts before the law is one of them for their legal dualism governing agrarian question. Unification law which regulates the keagrarian expected to answer and give a solution to the conflict over the years. It turns out that the opposite is true, more and more regulations issued with respect to agrarian, it further adds new problems. Changes in the pattern and kareteristik conflict evolves with people's lives, mindset and outlook changed to agrarian particularly land, requires also look for a pattern resolution of the conflict. This paper attempts to it.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mukmin Zakie, Universitas Islam Indonesia

Fakultas Hukum

References

Abdul Aziz Hussin, Undang-undang Tanah Lesen Pendudukan Sementara dan Permit, Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur, Ctk. 1, 1996

Asrul Ibrahim Nur, Anatomi Konflik Sosial dalam, www.theindonesianinstitute. com. Diakses pada 17 Juli 2013

B. Ter Haar, Bzn, Terjemahan Schiller, A.A. & E.A. Hoebel, 1962. Adat Law In Indonesia, Bharata.

Basri, dan Nurhamlin “Konflik Masyarakat dan Perusahaan Perkebunan Serta Alternatif Penyelesaiannya di Kabupaten Rokan Hulu” Disampaikan pada Konferensi Nasional Sosiologi I “Asosiasi Program Studi Sosiologi di Indonesia” di Palembang.

Bernhard Limbong, Konflik Pertanahan, Pustaka Margaretha, Jakarta, 2012.

Boedi Harsono, Hukum Agraria Indonesia: Sejarah Pembentukan Undang-Undang Pokok Agraria, Isi dan Pelaksanaannya, Ed. Revisi, Djambatan, Jakarta, 2003.

Chamhuri Siwar, „Penyusunan Semula Masyarakat Melalui Reformasi Tanah‟ dalam ; Isu Ekonomi, Sosial Dan Politik Malaysia : Kumpulan Esei Dewan Masyarakat 1975-1979, Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pelajaran Malaysia, Kuala Lumpur, 1983.

Dianto Bachriadi, dan Anton Lucas, Merampas Tanah Rakyat,Kasus Tapos dan Cimacan, Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta, 2001.

Erlita Kusumaningtiyas dan Kandyawan, Media Dan Penyajian Berita Rekonsiliasi (Studi Analisis Isi Penyajian Berita Rekonsiliasi dan Konflik Pasca Rekonsiliasi Keraton Kasunanan Surakarta di Surat Kabar Harian Solopos dan Suara Merdeka Periode Mei - Juni 2012) Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, 2012.

Gatra News, 28 Januari 2012

Haedar Laudjeng, dan Arimbi. HP, Bayang-Bayang Culturstelsel dan Domein Verklaring dalam Praktik Politik Agraria, WALHI. Jakarta.

Hermayulis, „Penerapan Hukum Pertanahan dan Pengaruhnya Terhadap Hubungan Kekerabatan Pada Sistem Kekerabatan Matrilineal Minangkabau Di Sumatera Barat‟, Disertasi, PPS-UI, 1999.

John Salindeho, Masalah Tanah Dalam Pembangunan, Sinar Grafika. Jakarta, 1987.

Kalo, Syafruddin. „Di Bawah Cengkeraman Kapitalisme: Konflik Status Tanah Jaluran Antara Onderneming Dan Rakyat Penunggu Di Sumatra Timur Jaman Kolonial,‟ USU Digital Library. Diakses 10 Maret 2012.

Kalo, Syafruddin. „Perbedaan Persepsi Mengenai Penguasaan Tanah Dan Akibatnya Terhadap Masyarakat Petani Di Sumatera Timur: Pada Masa Kolonial Yang Berlanjut Pada Masa Kemerdekaan, Orde Baru Dan Reformasi,‟ USU Digital Library. Diakses 1 Maret 2012.

Kompas, 17 Desember 2011

Maria SW Sumardjono, Tanah Dalam Perspektif Hak Ekonomi Sosial dan Budaya, Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2008.

Marzuki, Suparman, Konflik Tanah di Indonesia, Pusat Studi HAM Universitas Islam Indonesia, 2008, Diakses pada 17 September 2013

Max Weber, Etika Protestan dan Spirit Kapitalisme: Sejarah kemunculan dan Ramalan tentang Perkembangan Industrial Kontemporer Secara Menyeluruh, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2006.

Mohd. Jully Fuady, Mencari Formula Penyelesaian Konflik dan Sengketa Pertanahan di Aceh, dalam http://www.lbhaceh.org/ Diakses pada 17 Juli 2013

Mukmin Zakie, “Perlindungan Hak atas Tanah Masyarakat Hukum Adat dalam Konstitusi”, Jurnal Konstitusi, PSHK FH UII, Vol. II, No. 2, 2009.

Mukmin Zakie, “Tanah dan Potensi Konflik Tiada Akhir,” Makalah disampaikan pada ”Pelatihan Penanganan Sengketa Agraria: Eksistensi Tanah Ulayat Di Wilayah Pertambangan, Kehutanan Dan Perkebunan Serta Potensi Konflik, Sengketa Dan Penyelesaian Permasalahannya. Diselenggarakan oleh Good Governance Support (GGS), All Seasons Hotel, Yogyakarta, 16- – 17 Maret 2012.

Mukmin Zakie, “Undang-Undang Pengambilan Tanah Di Indonesia Dan Di Malaysia (Suatu Kajian Perbandingan)”, Desertasi Doktor Falsafah Fakulti Undang-Undang, Universiti Kebangsaan Malaysia, 2011.

Mukmin Zakie, Kewenangan Negara dalam Pengadaan Tanah bagi Kepentingan umum di Indonesia dan Malaysia, Buku Litera Yogyakarta, 2013.

Noer Fauzi, Bersaksi untuk Pembaharuan Agraria, dari Tuntutan Lokal hingga Kecenderungan Global, Insist Press, Yogyakarta, 2003.

Perlembagaan Persekutuan, Seksyen 2 Senarai II-Senarai Negeri, lih Kanun Tanah Negara 1965, seksyen 40.

R Wayne Pace, dan Don F Faules,. Terjemahan. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Ralf Dahrendorf, Konflik dan Konflik dalam Masyarakat Industri: Sebuah Analisa Kritik. Rajawali, Jakarta, 1986.

Releigh Barlowe, Land Resource Economics: The Economics of Real Estate, Prentice-Hall Inc. New Jersey, 1978.

Republika, 14 Desember 2011

Ronald Z. Titahelu. “Penetapan Asas-Asas Hukum Umum dalam Penggunaan Tanah Untuk Sebesar-Besarnya Kemakmuran Rakyat Suatu Kajian Filsafat dan Teoritik Tentang Pengaturan dan Penggunaan Tanah Di Indonesia.” Disertasi Doktor. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Airlangga, 1993.

Sumarto, “Penanganan Dan Penyelesaian Konflik Pertanahan Dengan Prinsip Win Win Solution “ Oleh Badan Pertanahan Nasional RI, Direktorat Konflik Pertanahan Badan Pertanahan Nasional RI 2012,” Makalah, Jakarta.

Sumarto, Penanganan dan Penyelesaian Konflik Pertanahan Dengan Prinsip Win Win Solution Oleh Badan Pertanahan Nasional RI, Direktorat Konflik Pertanahan Badan Pertanahan Nasional RI 2012, Makalah.

Susetiawan, Konflik Sosial Kajian Sosiologis hubungan Buruh, Perusahaan dan Negara di Indonesia. Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta. 2000.

Taquiri dalam Newstorm dan Davis, dikutip dari Ahmad Ubbe, Laporan Pengkajian Hukum Tentang Mekanisme Penanganan Konflik Sosial, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta, 2011.

Downloads

Published

2017-03-31

How to Cite

Zakie, M. (2017). KONFLIK AGRARIA YANG TAK PERNAH REDA. Legality : Jurnal Ilmiah Hukum, 24(1), 40–55. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/legality/article/view/4256

Issue

Section

Journal's Articles