Kredibilitas Shella Saukia dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian di Era Pemasaran Digital

Authors

  • Aisyah Azzahra Sy Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Kusumajanti Kusumajanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i2.35347

Keywords:

Instagram, Kredibilitas, Media Sosial, Pemasaran Digital, Shella Saukia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Shella Saukia sebagai aktor dan sumber kredibel dalam meningkatkan keputusan pembelian di era pemasaran digital. Berbagai penelitian terdahulu sebelumnya lebih berfokus pada peran seseorang yang telah memiliki personal branding seperti selebriti atau influencer untuk mempengaruhi audiens dalam meningkatkan keputusan pembelian. Sejauh ini belum banyak riset yang berfokus pada pengaruh pemilik produk sebagai sumber yang kredibel dalam meningkatkan keputusan pembelian melalui konten marketing pemasaran di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan melakukan instrumen penelitian melalui penyebaran kuisioner kepada 100 sample responden penelitian, dari 2.7 juta populasi. Teknik pengujian data telah melewati uji validitas dan uji reliabilitas dengan minimal 30 sampel responden sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas sumber memberikan pengaruh sebesar 54,2% terhadap keputusan pembelian di era pemasaran digital. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa untuk menjadi sumber yang kredibel tidak perlu melibatkan seeorang yang telah memiliki personal branding seperti  brand ambassador, artis ataupun influencer, akan tetapi dengan penelitian ini telah terbukti siapapun bisa menjadi sumber yang kredibel termasuk pemilik brand, asalkan sumber yang kredibel dapat membranding dirinya dan dapat membuktikan kesesuaian informasi yang diberikan dengan kualitas produk yang sebenarnya dipasarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arrozy, A., Faridl, M., Salsabila, F. E., Novalina, Z. N., Muhibah, S., & Mukarromah, R. (2023). The Cosmology of Menoreh Customary Tradition in Indigenous People Perspective. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 11(3), 305-319.

Agustina, L. (2020). Viralitas Konten Di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160. https://www.researchgate.net/publication/348296842

Annur, C. M. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023 , Nyaris Salip AS ? Databoks Katadata, April, 2.

[Culture, Media and Identities Series] Stuart Hall - Representation_ Cultural Representations and Signifying Practices (1997, Sage Publications & Open University) - libgen.lc.pdf. (n.d.).

Dewi, W. W. A., & Avicenna, F. (2020). Social Media Marketing: Consumer Behavior on The Cruelty Free Concern of Beauty Brand. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 95. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2379

Fakultas, M., Universitas, B., Prodi, S., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2018). JIPSi. VIII(2).

Ferina, N., Agung, A., Sri, G., & Professor, D. (2019). Opportunities and Challenges of Instagram Algorithm in Improving Competitive Advantage. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(1), 743–747.

Hall, S. (1997). Representation_ Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publications.)

Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1953). Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. Yale University Press.

Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 11(1), 69. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v11i1.3453.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Junia, M., & Rosyad, U. N. (2015). Kajian Hubungan Antara Iklan di Media Sosial Dengan Minat Beli Konsumen. Prosiding Manajemen Komunikasi, 55–60.

McCroskey, J. C. (1966). Scales for the Measurement of Ethos. Speech Monographs, 33(1), 65-72.

Muhamad Tegar, O. :, Aji, H., Sidabutar, K., & Riorini, V. (2022). Social Media Marketing Strategies Dan Implementasinya Dalam Mempromosikan Industri Pakaian Lokal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3).

O'Keefe, D. J. (2015). Persuasion: Theory and Research. Sage Publications.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rabbani, A. (2023). Manajemen Operasional di Era Digital dan Perkembangan E-Commerce. Journal of Creative Power and Ambition (JCPA), 1(1), 1–13. https://edujavare.com/index.php/jcpaWebsite:https://edujavare.com/

Rambe, R., Ardianti, H., & Putri Amanda, N. (2023). Pengaruh Perkembangan Umkm Melalui Media Sosial Di Era Modern. Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1(10), 3025–9495.

Ramdhini, V. C., & Fatoni, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Video Youtube dan Kredibilitas Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’). Scriptura, 10(2), 53–59. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59

Risnawati, N. (2021). Peran Media Sosial Dimasa Pandemi untuk Kemajuan Perekonomian Di Masyarakat. Jurnal Simki Economic, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.29407/jse.v4i1.56

Septianie, I., & Wiyata, M. T. (2020). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Secara Online pada Platform E-Commerce Lazada Indonesia. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.8.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1, 1–16. https://journal.csspublishing/index.php/business

Suryawijaya, H., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat). Prologia, 5(1), 60. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8111

Trulline, P. (2021). Jurnal Kelompok 33_Ir. 5(2), 259–279.

Wahyuningtyas, A. C. (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.18197

Winoto, Y. (2016). The Application of Source Credibility Theory in Studies about Library Services. Edulib, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i2.4393

Yoshio, A. (2022). Masyarakat Pakai Internet untuk Media Sosial dan Pesan Singkat. Katadata, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/21/masyarakat-pakai-internet-untuk-media-sosial-dan-pesan-singkat.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Azzahra Sy, A., & Kusumajanti, K. (2024). Kredibilitas Shella Saukia dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian di Era Pemasaran Digital. Sospol, 10(2), 173–185. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i2.35347