Kredibilitas Shella Saukia dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian di Era Pemasaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v10i2.35347Keywords:
Instagram, Kredibilitas, Media Sosial, Pemasaran Digital, Shella SaukiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Shella Saukia sebagai aktor dan sumber kredibel dalam meningkatkan keputusan pembelian di era pemasaran digital. Berbagai penelitian terdahulu sebelumnya lebih berfokus pada peran seseorang yang telah memiliki personal branding seperti selebriti atau influencer untuk mempengaruhi audiens dalam meningkatkan keputusan pembelian. Sejauh ini belum banyak riset yang berfokus pada pengaruh pemilik produk sebagai sumber yang kredibel dalam meningkatkan keputusan pembelian melalui konten marketing pemasaran di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan melakukan instrumen penelitian melalui penyebaran kuisioner kepada 100 sample responden penelitian, dari 2.7 juta populasi. Teknik pengujian data telah melewati uji validitas dan uji reliabilitas dengan minimal 30 sampel responden sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas sumber memberikan pengaruh sebesar 54,2% terhadap keputusan pembelian di era pemasaran digital. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa untuk menjadi sumber yang kredibel tidak perlu melibatkan seeorang yang telah memiliki personal branding seperti brand ambassador, artis ataupun influencer, akan tetapi dengan penelitian ini telah terbukti siapapun bisa menjadi sumber yang kredibel termasuk pemilik brand, asalkan sumber yang kredibel dapat membranding dirinya dan dapat membuktikan kesesuaian informasi yang diberikan dengan kualitas produk yang sebenarnya dipasarkan.
Downloads
References
Arrozy, A., Faridl, M., Salsabila, F. E., Novalina, Z. N., Muhibah, S., & Mukarromah, R. (2023). The Cosmology of Menoreh Customary Tradition in Indigenous People Perspective. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 11(3), 305-319.
Agustina, L. (2020). Viralitas Konten Di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160. https://www.researchgate.net/publication/348296842
Annur, C. M. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023 , Nyaris Salip AS ? Databoks Katadata, April, 2.
[Culture, Media and Identities Series] Stuart Hall - Representation_ Cultural Representations and Signifying Practices (1997, Sage Publications & Open University) - libgen.lc.pdf. (n.d.).
Dewi, W. W. A., & Avicenna, F. (2020). Social Media Marketing: Consumer Behavior on The Cruelty Free Concern of Beauty Brand. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 95. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2379
Fakultas, M., Universitas, B., Prodi, S., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2018). JIPSi. VIII(2).
Ferina, N., Agung, A., Sri, G., & Professor, D. (2019). Opportunities and Challenges of Instagram Algorithm in Improving Competitive Advantage. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(1), 743–747.
Hall, S. (1997). Representation_ Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publications.)
Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1953). Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. Yale University Press.
Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 11(1), 69. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v11i1.3453.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Junia, M., & Rosyad, U. N. (2015). Kajian Hubungan Antara Iklan di Media Sosial Dengan Minat Beli Konsumen. Prosiding Manajemen Komunikasi, 55–60.
McCroskey, J. C. (1966). Scales for the Measurement of Ethos. Speech Monographs, 33(1), 65-72.
Muhamad Tegar, O. :, Aji, H., Sidabutar, K., & Riorini, V. (2022). Social Media Marketing Strategies Dan Implementasinya Dalam Mempromosikan Industri Pakaian Lokal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3).
O'Keefe, D. J. (2015). Persuasion: Theory and Research. Sage Publications.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rabbani, A. (2023). Manajemen Operasional di Era Digital dan Perkembangan E-Commerce. Journal of Creative Power and Ambition (JCPA), 1(1), 1–13. https://edujavare.com/index.php/jcpaWebsite:https://edujavare.com/
Rambe, R., Ardianti, H., & Putri Amanda, N. (2023). Pengaruh Perkembangan Umkm Melalui Media Sosial Di Era Modern. Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1(10), 3025–9495.
Ramdhini, V. C., & Fatoni, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Video Youtube dan Kredibilitas Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’). Scriptura, 10(2), 53–59. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59
Risnawati, N. (2021). Peran Media Sosial Dimasa Pandemi untuk Kemajuan Perekonomian Di Masyarakat. Jurnal Simki Economic, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.29407/jse.v4i1.56
Septianie, I., & Wiyata, M. T. (2020). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Secara Online pada Platform E-Commerce Lazada Indonesia. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1, 1–16. https://journal.csspublishing/index.php/business
Suryawijaya, H., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat). Prologia, 5(1), 60. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8111
Trulline, P. (2021). Jurnal Kelompok 33_Ir. 5(2), 259–279.
Wahyuningtyas, A. C. (2019). Berbisnis Online Melalui Media Sosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.18197
Winoto, Y. (2016). The Application of Source Credibility Theory in Studies about Library Services. Edulib, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i2.4393
Yoshio, A. (2022). Masyarakat Pakai Internet untuk Media Sosial dan Pesan Singkat. Katadata, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/21/masyarakat-pakai-internet-untuk-media-sosial-dan-pesan-singkat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aisyah Azzahra Sy, Kusumajanti Kusumajanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.