Analisis Hubungan Antara Perilaku Konsumen Dengan Minat Pembelian Ulang Pada Online Food Delivery Service

Authors

  • Mutammimatur Rahmah Ramadhana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Lili Zalizar Universitas Muhammadiyah Malang
  • Bambang Yudi Ariadi Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

minat referensial, minat transaksional, OFDS

Abstract

OFDS adalah trend pembelian makanan yang berkembang cukup pesat terutama sejak adanya COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perilaku konsumen dengan minat pembelian ulang pada media OFDS. Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan didapatkan sampel berjumlah 106 orang. Kriteria responden yaitu ibu rumah tangga pengguna OFDS yang setidaknya pernah bertransaksi melalui media OFDS dua kali, dan berdomisili di Malang Raya. Pengukuran variabel menggunakan 4 kategori skala likert. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan Chi-Square dengan variabel minat transaksional dan referensial. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara intensitas penggunaan pada perilaku konsumen dengan pembelian perbulan, budget setiap transaksi, pengaruh jarak lokasi restoran, serta kontinuitas penggunaan pada minat transaksional dan rekomendasi media OFDS serta rekomendasi produk di media OFDS pada minat referensial. Ada hubungan antara kepuasan pada perilaku konsumen dengan budget setiap transaksi, pengaruh jarak lokasi restoran, serta kontinuitas penggunaan pada minat transaksional dan rekomendasi media OFDS serta rekomendasi produk di media OFDS pada variabel minat referensial. Tidak ada hubungan antara intensitas penggunaan dengan waktu pembelian pada minat transaksional dan pengaruh penggunaan pada minat referensial. Tidak ada hubungan antara kepuasan dengan pembelian perbulan dan waktu pembelian pada minat transaksional serta pengaruh penggunaan pada minat referensial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lili Zalizar, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Magister Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Malang

Bambang Yudi Ariadi, Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Magister Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Published

31-05-2023

How to Cite

Ramadhana, M. R., Zalizar, L., & Ariadi, B. Y. (2023). Analisis Hubungan Antara Perilaku Konsumen Dengan Minat Pembelian Ulang Pada Online Food Delivery Service. Tropical Agro Complex, 1(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/tac/article/view/22151

Issue

Section

Articles