Efektivitas komunikasi pemasaran terpadu berbasis media sosial terhadap keputusan pembelian oleh konsumen harvest day farm

Authors

  • Anggita Ayunda Sakuntala DPPS Magister Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang
  • Jabal Tarik Ibrahim Universitas Muhammadiyah Malang
  • Adi Sutanto Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Digital_marketing, Sosial_media, Perilaku_konsumen, Pertanian

Abstract

Percepatan pemanfaatan teknologi di era digital menjadikan penggunaan internet sebagai gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat, terutama dalam hal pemanfaatan media sosial. Fenomena ini menuntut pemasar untuk mampu mengikuti perkembangan zaman tersebut, yaitu dengan melakukan pemasaran digital. Komunikasi memiliki peranan yang urgent dalam melakukan pemasaran, karena dengan komunikasi terjalin hubungan antara pemasar dengan konsumen. Komunikasi pemasaran terpadu berbasis media sosial sangatlah dibutuhkan di era digital ini, termasuk juga dalam memasarkan produk pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja media sosial yang digunakan oleh Harvest Day Farm dalam memasarkan produknya, apakah terdapat pengaruh positif antara pemanfaatan komunikasi pemasaran terpadu berbasis media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian di Harvest Day Farm, dan bagaimana rumusan strategi pengembangan usaha Harvest Day Farm berdasar analisis SWOT. Penelitian dilakukan dengan responden sebanyak 70 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran terpadu berbasis media sosial berdasarkan hasil uji F secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil uji T juga menunjukan bahwa masing-masing dari keenam variabel komunikasi pemasaran terpadu (pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat, personal selling, iklan, dan word of mouth) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis SWOT menunjukan Harvest Day Farm berada di kuadran 1, sehingga strategi pengembangan komunikasi pemasaran terpadu berbasis media sosial yang paling efektif adalah strategi agresif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jabal Tarik Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Malang

Direktorat Program Pascasarjana, Magister Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia

Adi Sutanto, Universitas Muhammadiyah Malang

Direktorat Program Pascasarjana, Magister Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, Indonesia

Published

31-05-2023

How to Cite

Anggita Ayunda Sakuntala, Ibrahim, J. T., & Sutanto, A. (2023). Efektivitas komunikasi pemasaran terpadu berbasis media sosial terhadap keputusan pembelian oleh konsumen harvest day farm. Tropical Agro Complex, 1(1). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/tac/article/view/22378

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)