Development of Mathematics Module Framed In Nuance Of Islam Through Scaffolding Method

Authors

  • Fitri Mulianda Pendidikan Matematika, Tarbiyah, UIN Raden Intan Lampung
  • Nirva Diana Pendidikan Matematika, Tarbiyah, UIN Raden Intan Lampung
  • Dian Anggraini Pendidikan Matematika, Tarbiyah, UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.22219/mej.v3i2.11046

Keywords:

Development, Module, Islam, Scafflding

Abstract

The purpose of this research is in order to know the development, appropriateness, attractiveness and effectiveness of product developed in Al-Kautsar Bandar Lampung senior high school and MAN 2 Bandar Lampung. The procedure used is resert and development with research method and the 4-D development initiated by Thiagarajan. The data collection instrument conducted by spreading appropriateness questionnaires to the subject expert, media expert, religion expert, and education practitioner, deployment of appropriateness questionnaires to students in small scale trial and big scale trial and giving pre post test in effectiveness trial using N-Gain calculation. Obtained effectiveness result in the amount of 3,6 from subject expert, 3,5 from media expert, and 3,7 from religion expert, then its average is 3,6. It gets “very decent barometer”. The students’ response showed that the module is very interesting with average 3,47 from both schools with “very decent criteria” on small scale trial and 3,3 with “very decent criteria” on big scale trial. The result of effectiveness trial got 0,77 at SMA Al-Kautsar Bandar Lampung and 0,72 at MAN 2 Bandar Lampung. Based on Gain score range that is , so mathematics module framed in nuance of Islam through scaffolding on aljabar function limit subject is categorized with high classification.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alin Wahyu Rizkiah, Nasir Nasir, dan Komarudin Komarudin,. (2018). “LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan,” Desimal: Jurnal Matematika,; Vol. 1, no. 1.

Anggoro Bambang Sri,. (2015). “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa,” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika,; Vol. 6, no. 2.

Astika Finka Fitri,. (2014). “Pengembangan Modul Pada Materi Matriks dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Kelas X SMK,” Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Atika Izzatul Jannah And Ending Lutyani, . (2017). “Pengembangan Bahan Ajar pada Bahasan Himpunan dengan Pendekatan Problem Solving untuk siswa SMP kelas VII,“ Jurnal Pendidikan Matematika, S1 6. No. 3

Chairani Zahra,. (2015). “Scaffolding dalam pembelajaran matematika,” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, no. 1,

Cholid Narbuko dan H. Abu Achmadi,. (2009).Metodlogi Penelitian, jakarta: bumi aksara,

Fiska Komala Sari, Farida Farida, dan Muhamad Syazali,. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan,” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7, no. 2

Fitri Lidya Alimah,. (2013). “Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013,” RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Vol. 3, no. 1

Hamdani,. (2010). Strategi Belajar Mengajar (bandung: CV Pustaka Setia,

Indrawati Indrawati,. (2017). “Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Matematika,” Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 1, no. 1

Kurniati Annisah,. (2015). “Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini,” Suska Journal of Mathematics Education, Vol. 1, no. 1

Kurniati Annisah,. (2016). “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman,” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 4, no. 1

Mamin Ratnawati,. (2013). “Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur,” CHEMICA, Vol. 9, no. 2

Mardiansyah Yopy,. (2013). “Pembuatan Modul Fisika Berbasis TIK untuk Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Siswa SMAN 10 Padang Kelas X Semester 1,” Pillar of Physics Education, Vol. 1, no. 1

Marsigit. (2010).Matematika SMA Kelas XII (jakarta: quadra,

Mina Syanti Lubis, R. Syahrul, dan Novia Juita,. (2014). “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas Xi SMA/MA,” Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran 2, no. 1

Muthia dewi,. 2017. “pengembangan modul matematika menggunakan model Thiagarajan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan pembelajaran matematika realistic di MtS pesantren daar uluum kisaran, vol. 2, No. 1,

Ni Wayan Sutarmi, Naswan Suharsono, dan I. Wayan Sukra Warpala. (2013). “Pengaruh pembelajaran Scaffolding terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Berbahasa Inggris dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Manggis,” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, Vol. 3,

Oni Arlitasari, Puja Pujayanto, dan Rini Budiharti. (2013). “Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan,” Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1, no. 1

Rizky Dezricha Fannie dan Rohati Rohati. (2014). “Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA,” Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, Vol. 8, no. 1

Salafudin Salafudi. (2015)., “Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam,” Jurnal Penelitian, Vol, 12, no. 2

Sandiyanti Ageng. (2018). “Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang,” Desimal: Jurnal Matematika, Vol. 1, no. 2

Septora Rio. (2017). “Pengembangan Modul Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, Vol. 2, no. 1

Septriani Nicke. (2014). “Pengaruh penerapan pendekatan scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang,” Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, no. 3

Sofan Amri dan AIif Khoiru Ahmadi. (2010). Kontruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum (jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya,

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta,

sukino. (2017).Matematika Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1 (jakarta: erlangga,

Sumantri Mohamad Syarif,. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (jakarta: jarawali).

Supriadi Nanang. (2015). “Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman,” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, no. 1

Syahrir Syahrir dan Susilawati Susilawati. (2015). “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP,” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol. 1, no. 2

Syarifah Siti. (2017). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Trigonometri” (PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung)

Taza Nur Utami, Agus Jatmiko, dan Suherman Suherman. (2018). “Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat,” Desimal: Jurnal Matematika, Vol. 1, no. 2

Trianto. (2014).Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara,)

Downloads

Published

2020-01-22

Issue

Section

Artikel