Digital Worksheet Design Based of STEAM to Develop Students’ Problem Solving Skill
DOI:
https://doi.org/10.22219/mej.v4i2.13313Keywords:
Desain, LKS digital, STEAM, Pemecahan MasalahAbstract
Masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam memecahkan masalah khususnya soal matematika perlu menjadi perhatian bagi semua. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain LKS digital berbasis STEAM untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap perancangan (design). Proses desain dari LKS ini melalui dua tahapan yaitu analisis (analyze) meliputi (1) analisis kebutuhan, (2) analisis karakteristik siswa, (3) analisis kurikulum bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa, mengetahui batasan materi, dan juga perlu tidaknya pengembangan LKS ini dilakukan. Tahap kedua yaitu perancangan (design), peneliti mendesain LKS digital setelah dilakukan peta penyusunan LKS, penyusunan desain isi LKS, dan juga pengumpulan referensi. Hasil dari perancangan (design) ini adalah desain penyajian soal pemecahan masalah berupa tema permasalahan yang memuat konsep matematika dengan tahapan proses pemecahan masalah menggunakan pendekatan STEAM bertujuan memenuhi indikator pemecahan masalah.Downloads
References
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentin, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VIII Edisi Revisi 2017 (Lukito Agung; Ali Mahmud; Dedi Hidayat (ed.); 2nd ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. https://www.ayomadrasah.id/2017/08/buku-kurikulum-2013-revisi-2017-viii.html BSNP. (2016). Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 (Vol. 2002, Issue 1). https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188 Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886 Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644 Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Developing 21st century skills in chemistry classrooms: Opportunities and challenges of STEAM integration. AIP Conference Proceedings, 1868(August). https://doi.org/10.1063/1.4995107 Haryono. (2017). Teknologi pendidikan dan pembelajaran abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 425–436. http://blog.unnes.ac.id/fransharyono/wp-content/uploads/sites/2969/2017/07/Teknologi-Pendidikan-Dan-Pembelajaran-Abad-21.pdf Himmatul, U. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561 Kemendikbud. (2018). Salinan Permendikbud Nomor 37 tahun 2018. In kemendikbud. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-dinamika/article/view/527 Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.838 Kofac. (2018). STEAM 교육으로 채우는 즐거운 수업 선생님을 위한 교육으로 채우는 즐거운 수업 선생님을 위한 (J. Y. O. S. E. K. M. S.-S. M. P. Byung Ho (ed.); 1st ed.). Korean Science Foundation (한국과학창의재단). https://steam.kofac.re.kr/?page_id=11269 Naimnule, M., Kartono, & Asikin, M. (2018). Peran Peer Feedback dalam Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6, 309–316. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/487 Nurmiwati, H. R. H. S. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 6(2), 310–318. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604 OECD. (2019). Mathematics performance (PISA) indicator. PISA. https://doi.org/10.1787/04711c74-en Prabawati, M. N., & Herman, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa, 8(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383 Rosiani, Anggo, M., & Sudia, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v1i1.5419 Sagita, D. (2016). Peran Bahan Ajar LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1, 37–44. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/10 Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 1(2), 151–164. Siregar, H. M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Lingkaran. AKSIOMA, 8(3), 497–507. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Situmorang, adi suarman. (2016). Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Hkbp Nommensen T.a 2015/2016. JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3(Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen ISSN: 2356-2595), 15. akademik.uhn.ac.id/portal/public_html/JurnalSuluhPendidikan. Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29(April), 153–160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003 Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852 Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with MEJ (Mathematics Education Journal) agree to the following terms:
For all articles published in MEJ, copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.