Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang

Authors

  • Tuti Kusniarti, M.Si, M.Pd FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sudjalil FKIP FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3300

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, berbasis teks

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum 2013 menempatkan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan (Nuh, 2013:37). Peran bahasa Indonesia ini bukan sebuah kebetulan karena ini pun sudah dikibarkan pada waktu Kongres Bahasa Indonesia ke XIV di Jakarta. Penguatan bahasa Indonesia sebagai penghela Ilmu pengetahuan menunjukkan betapa pentingnya bahasa Indonesia dalam kedudukan dan perannya sebagai bahasa nasional untuk seluruh etnis yang ada di Indonesia.

Pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yang berbasis teks, proses berpikir yang sistematis dan terkontrol melalui kegiatan pengumpulan data, analisis, dan penyajian hasil analisis sangatlah penting dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta memunculkan proses kegiatan belajar mengajar yang lebih menekankan pada kegiatan siswa, kegiatan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada silabus. 

 

Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, berbasis teks

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06/09/2016

How to Cite

M.Si, M.Pd, T. K., Mujianto, G., & FKIP, S. (2016). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 313–318. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3300

Issue

Section

Articles