KUAT TEKAN MORTAR DAN SILINDER BETON PADA PERPADUAN MATERIAL LOKAL PASIR SAMBOJA DENGAN PASIR PALU

Karmila Achmad, Sunarno Sunarno


Abstract


Pasir Samboja merupakan material lokal Balikpapan yang relatif murah dan belum banyak digunakan dalam campuran beton oleh masyarakat Balikpapan. Hal ini karena material ini memiliki butiran yang sangat halus, yang mengakibatkan jenis pasir ini tidak masuk dalam ke 4 zona agregat halus yang merupakan syarat dalam campuran beton. Sehingga dalam penggunaannya pasir Samboja perlu dipadukan dengan jenis pasir lainnya yang memiliki butiran agak kasar. Tujuan penelitian untuk mendapatkan sifat fisik agregat halus lokal di Balikpapan dalam campuran beton dan mendapatkan proporsi paduan agregat halus lokal Balikpapan yang optimal ditinjau dari besarnya Kuat Tekan Beton. Dalam penelitian ini ada 66 mortar dan 66 silinder beton dengan variasi persentase pasir Samboja dalam agregat halus campuran beton. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa proporsi pasir Samboja yang memenuhi kriteria agregat halus dalam campuran beton adalah  dibawah 70% dengan MHB 1,64 mendekati zona 4 (pasir Agak Halus). Benda uji P50 dengan proporsi pasir Palu sebesar 50% dan pasir Samboja sebesar 50% memberikan nilai kuat tekan beton terbaik pada umur 28 hari yaitu 31,33 MPa dengan peningkatan kuat tekan sebesar 7,11% terhadap S100 dan jika ditinjau dari tren kuat tekan yang terjadi adalah perpaduan pasir Palu dan pasir Samboja memberikan nilai yang baik pada P50 dan P60.


Keywords


Kuat Tekan; Mortar; Pasir Palu; Pasir Samboja dan Silinder Beton

Full Text:

PDF

References


Karmila Achmad. (2015). Pasir Kandilo dan Kerikil Petangis sebagai Material Lokal Tanah Grogot dalam Campuran Beton. Media Teknik Sipil Vol. 13 No. 2.

Sara WR, Karmila A. (2015). Local Material Sand in East Kalimantan: Utilization with Fiber Reinforced Polymer Jacketing as an Effort to Increase the Concrete Strength. Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 3 no.2

Sunarno. (2012). Penggunaan Pasir Samboja dan Kerikil dari Palu sebagai Bahan Pembuatan Beton Normal. Jurnal Ilmiah Politeknik Balikpapan.

Mulyono, Tri. (2003). Teknologi Beton.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Badan Standardisasi Nasional. (2000). SNI 03-2834-2000 Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran




DOI: https://doi.org/10.22219/jmts.v17i1.6991 | Abstract views : 72 | PDF views : 14

Copyright (c) 2019 Media Teknik Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________

Editorial Office 
Civil Engineering Department, 
University Muhammadiyah of Malang
Jl. Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia 
Phone (+62) 341464318 ex 130

email : jurnal.mediatekniksipil.umm@gmail.com

 

MEDIA TEKNIK SIPIL Journal

MTS by http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmts/ is licensed under a Creative commons attribution - sharealike 4.0 International license.

View My Stats