PENGEMBANGAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN “AKU SEORANG DETEKTIF” KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Renika Arisinta, Bayu Hendro Wicaksono, Ima Wahyu Putri Utami

Abstract


Abstract: The type of research conducted is Research and Development (RnD). In this research aiming to produce product development of Group Investigation(GI) learning modelwith game "Aku Seorang detektif" in class IV SD Muhammadiyah 1 Malang that worthy with criteria valid, effective, and interesting. In developing the Group Investigation(GI) model, the design of the ADDIE Model consists of five steps: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) application, (5) evaluation. The results showed (1) Development of GI learning model with game "Aku Seorang detektif" in class IV SD Muhammadiyah 1 Malang stated very valid. This is indicated by manual guidance value of 89%, RPP validation of 98%, and game and media validation of 92%. (2) The development of the GI learning model with the game "aku seorang detektif" is stated very effective. This is indicated by the value of teacher response during the PBM of 86%. (3) The development of the GI learning model with the game "Aku seorang detektif" is very interesting. This is indicated by student responses of 95% of interested students and 5% of students who are less interested.

Keywords: development, teachings model GI, “Aku Seorang Detektif” games

Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan adalah Reaserch and Development(RnD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran Group Investigation(GI) dengan permainan “Aku Seorang Detektif” kelas IV SD Muhammadiyah 1 yang layak dengan kriteria valid, efektif, dan menarik. Dalam mengembangkan model Group Investigation(GI), digunakan rancangan ADDIE Model yang terdiri atas lima langkah, yaitu : (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, (5) evaluasi. Hasil penelitian
menunjukkan (1) Pengembangan model pembelajaran GI dengan permainan “aku seorang detektif” kelas IV SD Muhammadiyah 1, Malang dinyatakan sangat valid. Hal ini ditunjukkan dengan nilai validasi buku pedoman sebesar 89%, validasi RPP sebesar 98%, serta validasi permainan dan media sebesar 92%. (2) Pengembangan model pembelajaran GI dengan permainan “aku seorang detektif” dinyatakan sangat efektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai respon guru selama PBM sebesar 86%. (3) Pengembangan model pembelajaran GI dengan permainan “aku seorang detektif” dinyatakan sangat menarik. Hal ini ditunjukkan dengan respon siswa sebesar 95% siswa yang tertarik dan 5 % siswa yang kurang tertarik.

Kata Kunci: Model Pembelajaran GI, Permainan “Aku Seorang Detektif”, gaya dan gerak


Keywords


development, teachings model GI, “Aku Seorang Detektif” games

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.732-742

Copyright (c) 2017 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)



JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Website : http://keguruan.umm.ac.id
Sistem Online JP2SD


Flag Counter

Creative Commons License

JP2SD is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/index.

View My Stats