PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CTL PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Alcheca Dinari Pratiwi, Erna Yayuk, Jani Rima Widjaja


Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa setelah
menerapkan model Contextual Teaching and Learning pada keterampilan menulis puisi.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan
model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan di SDN Kauman 1 Malang dengan
jumlah keseluruhan adalah 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas guru pada pratindakan adalah
sebesar 79,16 %, sedangkan untuk aktivitas siswa pada pratindakan adalah 62,5 %.
Aktivitas guru pada siklus I yang didapatkan adalah 80,3 % dengan kategori baik. Pada
siklus II meningkat yaitu 91,07 % dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus
I didapatkan 79,54 % dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat yaitu 86,36 % dengan
kategori sangat baik. Pada keterampilan siswa menulis puisi sudah meningkat pada saat
pratindakan adalah 77,28. Pada siklus I 78,57 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,26,
(2) penerapan model Contextual Teaching and Learning berhasil meningkatkan
keterampilan menulis puisi kelas II-A SDN Kauman 1 Malang


Keywords


Peningkatan, Keterampilan Menulis Puisi, Model Contextual Teaching and Learning

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. & Faridatuz, Z. L. (2009).

Prosedur Penyusunan Laporan

dan Artikel (Hasil Penelitian

Tindakan Kelas). Yogyakarta :

Cipta Media Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta : PT Asdi

Mahasatya

Chudari, A. Mudjahid. (2011).

Tatabahasa Bahasa Jawa Banten.

Serang : Pustaka Sarana Cipta

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran

Tematik Terpadu. Bandung : PT

REMAJA ROSDAKARYA

Purnomo, Bambang Hari. (2011). Metode

dan Teknik Pengumpulan Data

dalam Penelitian Tindakan Kelas

(Classroom Action Research).

Jurnal Pengembangan Pendidikan,

(1), 251-256

Yamin, Martinis. (2011). Paradigma

Baru Pembelajaran. Jakarta :

Gaung Persada Press

Yustinah dan Ahmad Iskak. (2008).

Bahasa Indonesia. Erlangga

Zulfaridah. (2015). Peningkatan Hasil

Belajar Menulis Puisi Melalui

Pendekatan Pembelajaran CTL

pada Siswa Kelas V Sekolah

Dasar Negeri 060890 Kecamatan

Medan Polonia. Jurnal

Elementary School, 8 (2), 22-31

Solihah, Lilis. (2018). Peningkatan

Keterampilan Menulis Puisi

Melalui Pendekatan Kontekstual

di Kelas V SD Negeri Rancaloa

Kota Bandung. Jurnal Cakrawala

Pendas, 4 (1), 15-25




DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8631 | Abstract views : 413 | PDF views : 413 |

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Elementary School Teacher Education Department,
University of Muhammadiyah Malang
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang, Jawa Timur, Indonesia
Phone (+62) 341464318 ex 166

email : jp2sd@umm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics View My Stats