The Effectiveness of Course Review Horay Learning Model with Adobe Flash Assistance to See Interests Aad Abilities

Authors

  • Fina Idamatul Chilmi Pendidikan Matematika, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
  • Ibnu Sina Pendidikan Matematika, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal
  • Wikan Budi Utami Pendidikan Matematika, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.22219/mej.v3i2.11050

Keywords:

Course Review Horay, Math Learning Stake, Ability Solution To Math Problem, Adobe Flash

Abstract

Aim of this research to describe: 1) There are difference between math learning stake and ability solution to math problem which taught by Course Review Horay method Adobe Flashes aided, 2) Math learning stake and ability solution to math problem which taught by Course Review Horay method Adobe Flashes aided better than only Course Review Horay method. Data analysis technique that used are Right Side Proportion Test, T-tes One Right Side, Manova Test, and τ^2- Hotelling. Result of this research are: 1) There are difference between math learning stake and ability solution to math problem which taught by Course Review Horay method Adobe Flashes aided with only Course Review Horay method, 2) Math learning stake and ability solution to math problem which taught by Course Review Horay method Adobe Flashes aided better than only Course Review Horay method.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyakh, R., & Isnani, I. (2015). Efektivitas Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership (Sthl) Dan Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Ketuntasan Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Analisis Real Di Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Pancasakti Tegal. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 1-9.

Amelia, F., & Siahaan, F. H. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dengan Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Laksamana Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Anisa, W. N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik untuk siswa smp negeri di kabupaten garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Auliya, R. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course, Review, Hurray) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kecemasan Matematika Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Darari, M. B. (2017). Penggunaan Media Adobe Flash Pada Pembelajaran Kesebangunan Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 7 Medan. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 7(2), 29-37.

Duha, A. K. (2012). Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan model pembelajaran course review horay berbantuan power point terhadap kepercayaan diri dan prestasi belajar. S-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika), 4(2), 131-140.

Faz, Ahmad Toha. 2017. Matematika Detik “Insprirasi, Fondasi, dan Garis Besar”. Surakarta : PT. Aksarra Sinergi Media.

Kartana, Tri Jaka. 2014. Manajemen Pendidikan. Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti.

Nurmavia, A. (2011). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidinya Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kepanjen Kabupaten Malang. SKRIPSI Jurusan Matematika-Fakultas MIPA UM.

Simanungkalit, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 39-56.

Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33-39.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Umam, K., & Yudi, Y. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84-92.)

Downloads

Published

2020-01-22

Issue

Section

Artikel