Program Bimbingan Belajar bagi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Paling Serumpun

Authors

  • Iin Saltifa
  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.17476

Keywords:

Bimbingan Belajar,Siswa Sekolah Dasar, Pandemi Covid-19

Abstract

Bimbingan belajar dari rumah sangat diperlukan pada saat ini terlebih di masa pandemi covid-19, dimana semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kemendikbud menerbitkan peraturan agar semua kegiatan pembelajaran dilakukan di sekolah diganti dengan pembelajaran dari rumah masing-masing siswa. Pada proses pembelajaran dari rumah siswa membutuhkan bimbingan dari orang tua maupun walinya untuk mendampingi siswa dalam belajar. Bimbingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa KKN DR-BPM di tahun 2021 ini adalah bentuk pengabdian masyarakat dalam membantu siswa yang kesulitan dan memiliki kendala dalam proses belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 ini. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan belajar ini yaitu metode ceramah dan diskusi secara face to face dengan menggunakan pendekatan pendampingan dan pendidikan berkelanjutan. Program bimbingan belajar yang dilaksanakan memberikan peningkatan pengetahuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses belajar secara daring.

ABSTRACT Tutoring learning from home is very necessary at this time, especially during the covid-19 pandemic, where all learning activities are carried out online. The Ministry of Education and Culture issues regulations so that all learning activities carried out in schools are replaced with learning from each student's home. In the learning process from home, students need guidance from their parents and guardians to assist students in learning. Through the "Smart House" tutoring conducted by DR-BPM KKN students in 2021 as a form of community service, they can help students who have difficulties and have obstacles in the learning process from home during this covid-19 pandemic. The method used in the implementation of this tutoring is the face to face method and uses a mentoring and continuing education approach. The tutoring program implemented provides increased knowledge for students who have difficulty in the online learning process.

KEYWORDS Tutoring, Elementary School Students, Covid-19 Pandemic

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Hendikawati, P., Veronika, R. B., Waluya, S. B., & Wijayanti, K. (2019). Pemanfaatan Komputer untuk Pengembangan Media Pembelajaran Matematika sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.106

Kurnia, M., Jaya, I., Jalil, A. R., Arya, N., Ilham, M., Ashari, M., Nanda, N. A., Eka, A. J., Brigita, F. R. R., Nesyi, S., Taufiq, R., Ulfah, R., Bintang, M. P., Abdi, M. A. N., Am, A. H., & Alim, M. R. (2020). KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. 1(1), 1–9.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi Quiziz pada masa pencegahan penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.

Panjaya, Y. A., Lestari, T. P., Khasanah, C., Sa‟adah, U. F., Widyastuti, L., Adi, P., A, A. A., & P, M. B. A. (2014). Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) Slaikers Desa Tratemulyo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal (Issue 5302411044).

Perdana, A., Holilulloh, & Nurmalisa, Y. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi Ppkn Universita Lampung. 1–15.

Pramesta, A., Basyar, J. T., Fauziyah, N., Lestari, P. D., Junaeri, T. W., & Riansyah, W. R. (2020). Bimbingan Belajar dari Rumah (Solusi Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19) di Desa Kedungbokor Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes 1. 8111417189.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap , Kemandirian Belajar , dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. 3(2), 15–20.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat).

Widodo, S. (2010). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyrarakat Yang Berimplikasi Pembentukan Kompetensi Sosial Dan Kepribadian Mahasiswa (pp. 1–18).

Yani Supriani, Giyanti, & Tb. Sofwan Hadi. (2020). Conjecturing Ability Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Inomatika, 2(2), 69–77.

LP2M, 2021, Petunjuk teknis kuliah kerja nyata berbasis pemberdayaan masyarakat, Lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat; IAIN Kerinci

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Saltifa, I., & Nasution, E. Y. P. (2021). Program Bimbingan Belajar bagi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Paling Serumpun. Altruis: Journal of Community Services, 2(3). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i3.17476

Issue

Section

Articles