Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Dana Zakat Internal (Studi pada Bank Umum Syariah pada Tahun 2015-2020)

Authors

  • Jihaan Jaudah Amaliayh UMM
  • Adi Prasetyo Universitas Muhammadiyah malang
  • Fadilla Muhammad Mahdi Universitas Muhammadiyah malang

Keywords:

Analisis Pengaruh, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dana Zakat Internal

Abstract

 

Penelitian ini dianalisis melihat dari banyaknya potensi zakat yang dimiliki Bank Umum Syariah sehingga memungkinkan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terbantu dengan adanya penyaluran dana zakat. Zakat sendiri merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim setiap tahunnya dengan mengeluarkan sebagian hartanya dan diberikan kepada orang lain yang membutuhkan. Dalam hal ini Bank Umum Syariah memiliki produk jasa untuk membantu umat muslim mempermudah dalam melaksanakan zakat, yang kemudian disalurkan kepada badan amil zakat dan nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga kemampuan bank juga harus dilihat dengan menganalisis profitabilitas atau keuntungan dan juga ukuran perusahaan setiap tahunnya, apakah kedua variabel ini berpengaruh terhadap dana zakat terkhusus dari internal bank. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menganalisis laporan keuangan Bank Umum Syariah pada tahun 2015-2020, sampel pada penelitian ini menggunakan 9 bank yang sudah diseleksi sesuai kriteria. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi yaitu dengan melihat laporan keuangan pada Bank Umum Syariah di tahun 2015-2020. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa rasio profitabilitas dengan menggunakan Return on Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap dana zakat internal sedangkan ukuran perusahaan menggunakan total aset (LNTA) sebagai nilai hitungnya berpengaruh positif terhadap dana zakat internal. Sehingga dapat disimpulkan baik naik atau turunnya ROA tidak akan mempengaruhi dana zakat internal sedangkan pada ukuran perusahaan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai total aset maka akan semakin tinggi pula tingkat dana zakat internal pada Bank Umum Syariah di tahun 2015-2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

18-05-2022

How to Cite

Jihaan Jaudah Amaliayh, Prasetyo, A., & Mahdi, F. M. (2022). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Dana Zakat Internal (Studi pada Bank Umum Syariah pada Tahun 2015-2020). Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 2(2), 147–153. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijiedi/article/view/21240

Issue

Section

Articles