MOTIVASI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PERHIASAN EMAS (STUDI PADA KONSUMEN TOKO PERHIASAN EMAS DI PASAR TAWANGMANGU KOTA MALANG)

Authors

  • Reno Rizal Septian Sugita Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mochamad Novi Rifa’i, S.H.I., M.A., M.E.
  • Rahmi Amalia, S.E.I., M.A.

Keywords:

Motivasi Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Perhiasan emas, Teori Kebutuhan Maslow

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara mendalam mengenai motivasi perilaku konsumen dalam pembelian perhiasan emas di Pasar Tawangmangu Kota Malang yang ditinjau menggunakan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa observasi dan wawancara terhadap konsumen pembelian perhiasan emas di Pasar Tawangmangu Kota Malang. Analisis data dilakukan menggunakan analisis konten (content analysis) mengikuti Miles, Huberman dan Saldana. Aktifitas data analisis data kualiatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. hasil dari penelitian ini diketahui bahwa motivasi yang paling dominan terhadap pembelian perhiasan emas di Pasar Tawangmangu Kota Malang adalah kebutuhan fisiologis dan kebutuhan rasa aman. Pada klarifikasi motif yang telah diteliti, konsumen membeli perhiasan emas di Pasar Tawangmangu Kota Malang atas dasar motif fisiologik dan motif disadari atau rasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-09-2022

How to Cite

Reno Rizal Septian Sugita, Mochamad Novi Rifa’i, S.H.I., M.A., M.E., & Rahmi Amalia, S.E.I., M.A. (2022). MOTIVASI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PERHIASAN EMAS (STUDI PADA KONSUMEN TOKO PERHIASAN EMAS DI PASAR TAWANGMANGU KOTA MALANG). Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 2(2), 117–125. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijiedi/article/view/21246

Issue

Section

Articles