ANALISIS KELAYAKAN NASABAH PADA PEMBIAYAAN AKAD LINE FACILITY MUSYARAKAH (STUDI KASUS PADA PANIN DUBAI SYARIAH BANK TBK CABANG KOTA MALANG)

Authors

  • usamah abdul jalil Universitas Muhammadiyah malang
  • Fadilla Muhammad Mahdi Universitas Muhammadiyah malang
  • Atut Frida Agustin Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Kelayakan, Line Facility Musyarakah, Prinsip 5C, Prinsip 7P.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis kelayakan nasabah pada pembiayaan akad Line Facility Musyarakah studi kasus pada Panin Dubai Syariah Bank Tbk Cabang Kota Malang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui analisis kelayakan pada pembiayaan akad Line Facility Musyarakah dari prosedur awal permohonan hingga pencairan kepada nasabah yang berpotensi dalam mengembalikan pembiayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data, menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip 5C dan 7P adalah dasar pokok utama untuk melihat potensial kelayakan dalam pemberian pembiayaan Line Facility Musyarakah kepada nasabah. Jika salah satu prinsip 5C dan 7P tidak terpenuhi, maka akan terjadi kendala dalam proses pemberian pembiayaan Line Facility Musyarakah. Panin Dubai Syariah Bank Tbk Cabang Kota Malang meletakkan pengukuran minimal terhadap prinsip 5C dan 7P  kepada prinsip 3C dan 3P. Adanya kebijakan standar minimal maka nasabah pembiayaan Line Facility Musyarakah mampu untuk memenuhi persyaratan dalam penerimaan pembiayaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-05-2022

How to Cite

abdul jalil, usamah, Mahdi, F. M., & Agustin, A. F. (2022). ANALISIS KELAYAKAN NASABAH PADA PEMBIAYAAN AKAD LINE FACILITY MUSYARAKAH (STUDI KASUS PADA PANIN DUBAI SYARIAH BANK TBK CABANG KOTA MALANG). Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 2(2), 154–165. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijiedi/article/view/22081

Issue

Section

Articles