ANALISIS DISTRIBUSI PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK ZAKAT (Studi Kasus Pada UPZ BAZNAS PT. Pupuk Kaltim)

Authors

  • Amelia Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rahmad Hakim Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arif Luqman Hakim Universitas Muhammadiyah Malang

Keywords:

Pendayagunaan, Zakat Produktif, Kesejahteraan, Mustahik Zakat

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Distribus Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Zakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles, Huberman dan Saldana. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini Credibility, Transferability, Dependability, Confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari Analisis Distribusi Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Zakat, UPZ BAZNAS PT. Pupuk Kaltim sangat berperan, ditunjukan dengan meningkatnya pendapatan lebih dua kali lipat dari sebelumnya sehingga mustahik mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dan kelurganya, hal ini ditunjukan dengan nominal presentase rata-rata 104,1% dari sepuluh mustahik. Mekanisme pendistribusian zakat produktif pada UPZ BAZNAS PT. Pupuk Kaltim memiliki tiga cara yaitu, pertama distribusi dengan jenis konsumtif kreatif seperti beasiswa dan mendapatkan pelatihan menjahit, kedua distribusi dengan jenis produktif konvensional seperti alat usaha, dan ketiga distribusi dengan jenis produktif kreatif seperti modal usaha, jenis distribusi yang diterima mustahik ini sesuai kebutuhan para mustahik zakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-05-2022

How to Cite

Amelia, Hakim, R., & Hakim, A. L. (2022). ANALISIS DISTRIBUSI PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK ZAKAT (Studi Kasus Pada UPZ BAZNAS PT. Pupuk Kaltim). Journal of Islamic Economics Development and Innovation (JIEDI), 2(2), 166–177. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/ijiedi/article/view/22166

Issue

Section

Articles