The Effect of Brand Image on Purchase Decision of Scarlett Cosmetics Mediated by Brand Ambassador

Authors

  • Galih Widya Putri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ratih Juliati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fika Fitriasari Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jamanika.v3i4.29294

Keywords:

brand image, brand ambassador, purchase decision

Abstract

This study aims to determine and analyze the influence of brand image on purchasing decisions mediated by brand ambassadors. This research was conducted at the official Scarlett cosmetic store located in Malang City totaling 120 respondents. This study uses a non-probability sampling technique with purposive sampling. Data collection techniques using a questionnaire and analyzed with Smart-PLS. This study found that brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, brand ambassadors have a positive and significant effect on purchasing decisions, brand image has a positive and significant effect on brand ambassadors and brand ambassadors mediate brand image on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Body Lotion Marina. Jurnal Ilmiah Manajemen, 13.

Aeni, N. (2021). Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 10.

Agus, Sriyanto, A. W. (2019). Pengaruh Brand ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 14.

Asep Sarippudin, I. D. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Lipstik Wardah. Sain Ekonomi, 10.

Astridianty, D. O., & Suharyanto, S. (2022). Citra Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian dengan Celebrity Endorser Memoderasi Iklan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 18(2), 157. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v18i2.1683

Ayu Sagia, S. H. (2018). Pengaruh Brand ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 13.

Bhaskara. (2019). Dampak Dari Hubungan Diplomatik Indonesia dengan Korea. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8.

Budi, F. S. (2019). Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk dan Brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk konsumen. Jurnal ekonomi, 10.

Derby Juliana Osak, Y. P. (2020). Pengaruh Brand ambassador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 24.

Galih Kristian, H. W. (2021). Pengaruh Brand ambassador dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Trustworthiness Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen, 15.

Hamidah Lailanur Ilaisyah, R. S. (2020). Pengaruh Brand ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skintific. Jurnal Ekonomika, 7.

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea Body Lotion. Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 7.

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1).

Intan Prilia Naomi, A. A. (2021). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Brand image Pada Wardah. Conference Series, 7.

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).

Kristian, G., Welsa, H., & Udayana, I. B. N. (2021). Pengaruh Brand ambassador Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Trustworthiness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(3), 509–520. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i3.570

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHAD: Equity Jurnal Manajemen, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764

Maharani, O. R., Wijayanto, H., & Abrianto, T. H. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus Pada Lipstcik Wardah). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 97. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.418

Mardiana, N. R. (2018). Analisa Pengaruh Brand ambassador, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta). Universitas Ahmad Dahlan.

Muhtadin, M. S., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Brand image Shampo Pantene di Bandung. e-Procceding of Manajement, 5(2).

Muh. Sabilal Muhtadin, T. D. (2018). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Brand image Shampo. e-Proceeding of Management, 8.

Muhamad Khoirul Aulia, A. W. (2018). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Brand image Pada Ms Glow. e-Proceeding of Management, 8.

Osak, D. J., &Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9(4).

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand ambassador Dan Brand image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Sari, A. J. (2022). Pengaruh Brand image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Variabel Green Marketing dan Brand ambassador UMKM Ngudi Rejeki Kelorida. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 4(2).

Sisca Putri Wulandari, W. R. (2021). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Purchase Intention yang dimediasi Brand image dan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 11.

Suharyanto, D. O. (2022). Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand ambassador Sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen, 18.

Supriyadi, W. W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Whitelab. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12.

Susilawati, D. A., Hanfan, A., & Anugrah, F. H. (2021). Pengaruh Brand image, Brand ambassador, Word Of Mouth dan Testimony In Social Media terhadap Keputusan Pembelian Hijab Sulthanah di Kota Tegal. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 6(1). https://doi.org/10.36636/dialektika.v6i1.470

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Yulianti, N. M. (2020). Pengaruh Brand image, Green Marketing Strategy, Dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Men. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 11.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles