Pengembangan Model Pembelajaran Komprehensif dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar

Authors

  • Usep Supriatna Supriatna Universitas PGRI Ronggolawe Kediri

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.2627

Abstract

Abstrak: Pembelajaran secara komprehensif merupakan langkah implementasi dari rencana pembelajaran terpadu secara menyeluruh, berisi rincian dari prosedur pembelajaran. Sama dengan pada prosedur ada empat langkah utama yang merupakan sintaks dari model pembelajaran komprehensif dan terpadu hasil pengembangan, yaitu langkah: orientasi, eksplorasi, pendalaman dan penyimpulan. Langkah Orientasi atau kegiatan awal pembelajaran merupakan langkah untuk mendorong kelas memusatkan perhatian terhadap pembelajaran; Langkah Eksplorasi atau kegiatan inti pertama, merupakan langkah untuk mengajak dan mendorong siswa untuk mencari dan menemukan fakta, pengetahuan, masalah dan pemecahan; Langkah Pemantapan atau kegiatan inti kedua, merupakan langkah untuk memperdalam, memperluas, memantapkan, memperkuat penguasaan materi dan kemampuan yang telah dicapai pada langkah eksplorasi; dan Langkah Penyimpulan atau kegiatan akhir pembelajaran, merupakan langkah untuk menyimpulkan atau merangkumkan dan menegaskan tentang apa yang telah dipelajari.

Kata Kunci: Metode, Pendekatan, Pembelajaran komprehensif, terpadu, keterampilan sosial, Student Teams-Achievement Divisions, Teams-Games Tournament (TGT), Jigsaw.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06/09/2016

How to Cite

Supriatna, U. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Komprehensif dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 319–333. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.2627

Issue

Section

Articles