PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA KULIAH PROTISTA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MULAWARMAN, TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Authors

  • Didimus Tanah Boleng Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3278

Keywords:

Cooperative Script, Hasil Belajar Kognitif, Protista.

Abstract

Abstrak

Sebuah penelitian eksperimen semu telah dilaksanakan di Universitas Mulawarman. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2015/2006. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif pada mata kuliah protista. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi yang mengambil mata kuliah Protista. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, diperoleh 31 pasang mahasiswa berdasarkan nilai Biologi Umum pada dua kelas. Alat ukur berupa tes uraian, dan alat asesmen berupa rubrik penskroran. Analisis data digunakan uji t untuk sampel berpasangan pada taraf signifikan 5% (p˂0,05). Terkait dengan pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif, analisis dapat menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan; dengan t hitung adalah= 7,26; dan t tabel (dk = 60) adalah 2,00. Penelitian sejenis perlu dilakukan  di masa yang akan datang pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah protista, dengan sampel yang lebih besar, agar diperoleh informasi yang lebih.

Kata Kunci: Cooperative Script, Hasil Belajar Kognitif, Protista.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06/09/2016

How to Cite

Boleng, D. T. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA KULIAH PROTISTA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MULAWARMAN, TAHUN AKADEMIK 2015/2016. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 270–281. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3278

Issue

Section

Articles