PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP

Authors

  • Erma Yunita SMP Negeri 2 Sungai Tabuk Kab. Banjar

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3280

Keywords:

perangkat pembelajaran, klasifikasi makhluk hidup, inkuiri terbimbing

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil supervisi klinis perangkat pembelajaran di sekolah belum mengarah pada keterampilan berpikir siswa. Model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran hasil pengembangan topik klasifikasi makhluk hidup menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMPyang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian&pengembangan, menggunakan model ASSURE, namun hanya sampai evaluasi formatif saja. Subyek penelitian pada berbagai uji coba siswa kelas VII SMP Negeri Sungai Tabuk. Data diperoleh menggunakan berbagai instrumen melalui tes dan pengamatan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran tergolong layak berdasarkan 1) rata-rata penilaian pakar sebesar 79,11% dengan kategori cukup valid dan 2) uji keterbacaan bahan ajar sebesar 75% dengan kategori baik dan LKS 100% dengan kategori sangat baik. Praktis berdasarkan 1) keterlaksanaan RPP mencapai 3,72 tergolong kategori sangat baik. 2) respon positif siswa terhadap proses pembelajaran mencapai 93%. Efektif berdasarkan 1) hasil belajar kognitif produk dan kognitif prosestuntas melebihi batas ketuntasan 75% yaitu 78,26%. 2)Hasil kinerja proses rata-rata 93,67% tergolong kategori sangat baik, 3) Kinerja psikomotor mencapai 96,4% tergolong kategori sangat baik, 4) Sikap spiritual (rasa syukur), 5) Perilaku berkarakter (disiplin, dan tanggung jawab), dan 6) Keterampilan sosial mencapai 100% tergolong kategori sangat baik, 7) Keterampilan berpikir kritis siswa mencapai 88,93% tergolong kategori sangat baik dan hasil belajar LKS sebesar 91,4% tergolong kategori sangat baik, 8) Aktivitas siswa ≥ 10% tergolong kategori baik, siswa aktif dalam proses pembelajaran  dan 9) Aktivitas guru ≤ 10% tergolong kategori baik, keterlibatan guru dalam pembelajaran mulai mengalami peningkatan.

Kata kunci:perangkat pembelajaran,klasifikasi makhluk hidup,inkuiri terbimbing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06/09/2016

How to Cite

Yunita, E. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 282–292. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3280

Issue

Section

Articles