Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dipadu dengan Model Picture and Picture yang Dikembangkan Melalui Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3284Keywords:
Think-Pair-Share (TPS), Picture and Picture (P&P), Lesson Study.Abstract
Abstrak
Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di SD Muhammadiyah 8 DAU, bahwa dari 31 orang siswa pada kelas VA, dapat dikatakan 45% dari jumlah siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Selain itu, guru pengajar mengaku jarang menggunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar hewan, tumbuhan dll. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dipadukan dengan model Picture and Picture untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam materi Penyesuaian Makhluk Hidup pada siswa kelas V A SD Muhammadiyah 8 DAU yang dikembangkan melalui Lesson Study. (2) Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran kooperatif tipe TPS dipadukan dengan model P&P untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam konsep Penyesuaian Makhluk Hidup pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 8 DAU yang dikembangkan melalui Lesson Study.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan melalui Lesson Study, menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dipadu dengan model P&P. LS dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, sedangkan untuk PTK dilaksanakan satu kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Pelaksanaan dilapangan, penerapan tahapan-tahapan pembelajaran TPS yang dipadukan dengan model P&P sudah terlaksana dengan optimal. Berdasarkan hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa pada pelaksanaan tindakan, siswa yang memperoleh nilai < 70 sebanyak 6 orang (20%), sedangkan yang mendapat nilai > 70 sebanyak 24 orang (80%) dari 30 siswa yang mengikuti evaluasi. Untuk hasil belajar siswa, siswa yang memperoleh nilai > SKM sebanyak 27 orang (90%), sedangkan yang mendapat nilai < nilai SKM sebanyak 3 orang (10%) dari 30 siswa.
Kata Kunci: Think-Pair-Share (TPS), Picture and Picture (P&P), Lesson Study.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).