PENERAPAN (STAD) DIPADU MIND MAPPING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP (STAD With Mind Mapping Based On Lessson Study To Improve Motivation and Understanding Concept)

Authors

  • Elly Purwanti Pendidikan Biologi, FKIP, UMM
  • Wahyu Prihanta
  • Muizzudin Muizzudin
  • Fendy Hardian Permana Pendidikan Biologi, FKIP, UMM

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4955

Keywords:

STAD, Mind Mapping, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep.

Abstract

STAD (Student Teams-Achievement Division) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena STAD (Student Teams-Achievement Division) ini mementingkan struktur penghargaan sebagai bentuk penguatan (reinforcement) terhadap apa yang telah dilakukan oleh siswa. Peghargaan tersebut merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi. Mind Mapping adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh. Secara lengkap Mind Mapping dapat digunakan untuk: menyimpan informasi, mengorganisasikan informasi, membuat prioritas, belajar memahami informasi dalam konteksnya, melakukan review atas sebuah materi pembelajaran, mengingat informasi secara lengkap, maka untuk menjawab masalah mengenai pemahaman konsep, dicoba memadukan model STAD (Student Teams-Achievement Division) dengan mind mapping

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi pada siswa di SMP Muhammadiyah 6 Malang. (2) meningkatkan pemahaman konsep siswa pada matapelajaran reproduksi mahluk Hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis Lesson Study (LS) dengan menggunakan dua siklus.

Berdasarkan hasil penerapan STAD dipadu dengan Mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX, SMP Muh 6-Dau-Malang, dengan rincian Attention meningkat (1,2 %) Relevance meningkat (3,65%) Confidence meningkat (5,23%) Satisfaction meningkat (4,36%).

Berdasarkan penerapan STAD dipadu dengan Mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep kelas IX, tingkat SMP Muh 6 dengan rincian Siklus I : 75,5 dan Siklus II: 80,5. Terjadi kenaikan sebanyak 5,1.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Purwanti, E., Prihanta, W., Muizzudin, M., & Permana, F. H. (2018). PENERAPAN (STAD) DIPADU MIND MAPPING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP (STAD With Mind Mapping Based On Lessson Study To Improve Motivation and Understanding Concept). JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 26-34. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4955

Issue

Section

Articles