NILAI AGAMA DALAM PERJUANGAN HIDUP NOVEL NUN, PADA SEBUAH CERMIN SEBAGAI BAHAN AJAR
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5663Keywords:
Nilai Agama, Novel, Perjuangan Hidup, Bahan AjarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai agama dalam perjuangan hidup tokoh utama serta relevansinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah analasis dokumen dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah dalam novel NPSC, Nun sebagai tokoh utama digambarkan sebagai sosok yang menjalani kehidupannya dengan nafas agama islam. Budaya jawa dan agama islam dalam kehidupan Nun tidak bisa dilepaskan. NPSC memiliki nilai agama yang tersirat dalam perjuangan hidup tokoh utama, sehingga novel NPSC dapat dipertimbangkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Dengan menjadikan novel NPSC sebagai inovasi bahan ajar, akan menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada siswa.
Downloads
References
Afra, Afifah. 2015. Nun, Pada Sebuah Cermin. Jakarta: Republika
Endaswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Jakata: PT Buku Seru
Hamila. 2015. Masalah-Masalah Sosial dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Humanik, 15(3), 1-2
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya
Muhsinin. 2013. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 208
Owon, R.A.S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3 (1), 531
Raharjo, Y.M. 2017. The Values of Character Education in a novel Nun: Pada Sebuah Cermin by Afifah Afra. Hortatori Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (2)
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sangidu. 2004. Penelitian, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat UGM
Semi, Atar. M. 1993. Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa Raya.
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Soelaeman, Munandar. 2009. Sosiologi:Suatu Pengantar. Jakarta:PT Raja Grafindo
Suaka, Nyoman I. 2014. Analisis Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Sulistiyowati, Eni. 2013. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 328
Sulthon. 2014. Dinamika Pengembangan Kurikulum Ditinjau dari Dimensi Politisasi Pendidikan dan Ekonomi. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 47
Syaodih Sukmadinata N. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja.
Syaodih, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya
Tomlinson, B. 1998. Materials development in language teaching. Cambridge: University Press
Tuloli, Nani. 2000. Kajian Sastra. Gorontalo: BMT Nurul Jannah
Waluyo, Herman J. 2006. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).