NILAI AGAMA DALAM PERJUANGAN HIDUP NOVEL NUN, PADA SEBUAH CERMIN SEBAGAI BAHAN AJAR

Authors

  • Nada Hafizha Sebelas Maret University

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5663

Keywords:

Nilai Agama, Novel, Perjuangan Hidup, Bahan Ajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai agama dalam perjuangan hidup tokoh utama serta relevansinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah analasis dokumen dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah dalam novel NPSC, Nun sebagai tokoh utama digambarkan sebagai sosok yang menjalani kehidupannya dengan nafas agama islam. Budaya jawa dan agama islam dalam kehidupan Nun tidak bisa dilepaskan. NPSC memiliki nilai agama yang tersirat dalam perjuangan hidup tokoh utama, sehingga novel NPSC dapat dipertimbangkan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Dengan menjadikan novel NPSC sebagai inovasi bahan ajar, akan menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afra, Afifah. 2015. Nun, Pada Sebuah Cermin. Jakarta: Republika

Endaswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Jakata: PT Buku Seru

Hamila. 2015. Masalah-Masalah Sosial dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Humanik, 15(3), 1-2

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya

Muhsinin. 2013. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 208

Owon, R.A.S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3 (1), 531

Raharjo, Y.M. 2017. The Values of Character Education in a novel Nun: Pada Sebuah Cermin by Afifah Afra. Hortatori Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (2)

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sangidu. 2004. Penelitian, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat UGM

Semi, Atar. M. 1993. Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa Raya.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Soelaeman, Munandar. 2009. Sosiologi:Suatu Pengantar. Jakarta:PT Raja Grafindo

Suaka, Nyoman I. 2014. Analisis Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Sulistiyowati, Eni. 2013. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 328

Sulthon. 2014. Dinamika Pengembangan Kurikulum Ditinjau dari Dimensi Politisasi Pendidikan dan Ekonomi. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 47

Syaodih Sukmadinata N. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja.

Syaodih, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Tomlinson, B. 1998. Materials development in language teaching. Cambridge: University Press

Tuloli, Nani. 2000. Kajian Sastra. Gorontalo: BMT Nurul Jannah

Waluyo, Herman J. 2006. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret press

Downloads

Published

05/30/2018

How to Cite

Hafizha, N. (2018). NILAI AGAMA DALAM PERJUANGAN HIDUP NOVEL NUN, PADA SEBUAH CERMIN SEBAGAI BAHAN AJAR. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 71–80. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5663

Issue

Section

Articles