PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA

Authors

  • Amalina Amalina STMIK Indonesia Padang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5741

Keywords:

STAD, aktivitas siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih bersifat teacher centered. Masih sedikit siswa yang aktif dan suasana kerjasama antar siswa belum tercipta selama pembelajaran.  Melihat gejala tersebut,  maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hal ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang cenderung meningkat.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Amalina, A. (2018). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 1-10. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5741

Issue

Section

Articles