PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.6630Keywords:
Pendekatan Saintifik, Contextual Teaching and Learning, Tematik, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik melalui pendekatan pembelajaran model contextual teaching and learning dan mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning. Penelitian dilakukan dengan prosedur persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Subjek penelitian berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian produk, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ketercapaian KKM menunjukkan peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik muatan ppkn dari 86,2% dengan rerata kelas 86,2 pada fase pra siklus menjadi 96,6% dengan rerata kelas 90,6 pada siklus 2, muatan bahasa Indonesia dari 51,7% dengan rerata kelas 70,7 pada fase pra siklus menjadi 82,8% dengan rerata kelas 82,6 pada siklus 2, dan muatan matematika dari 48,3% dengan rerata kelas 65,8 pada fase pra siklus menjadi 82,8% dengan rerata kelas 84,8 pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning dengan langkah-langkah konstruktivisme, menemukan (menalar), bertanya, mengumpulkan informasi, mengamati, refleksi, dan penilaian nyata dapat meningkatkan hasil belajar tematik.
Kata kunci: saintifik, contextual teaching and learning, tematik, hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).