PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Dhedhi Novianto
  • Yari Dwikurnaningsih
  • Thersa Septyani Saputri

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.6630

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Contextual Teaching and Learning, Tematik, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik melalui pendekatan pembelajaran model contextual teaching and learning dan mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning. Penelitian dilakukan dengan prosedur persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Subjek penelitian berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian produk, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ketercapaian KKM menunjukkan peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik muatan ppkn dari 86,2% dengan rerata kelas 86,2 pada fase pra siklus menjadi 96,6% dengan rerata kelas 90,6 pada siklus 2, muatan bahasa Indonesia dari 51,7% dengan rerata kelas 70,7 pada fase pra siklus menjadi 82,8% dengan rerata kelas 82,6 pada siklus 2, dan muatan matematika dari 48,3% dengan rerata kelas 65,8 pada fase pra siklus menjadi 82,8% dengan rerata kelas 84,8 pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning dengan langkah-langkah konstruktivisme, menemukan (menalar), bertanya, mengumpulkan informasi, mengamati, refleksi, dan penilaian nyata dapat meningkatkan hasil belajar tematik.

 

Kata kunci: saintifik, contextual teaching and learning, tematik, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05/28/2019

How to Cite

Novianto, D., Dwikurnaningsih, Y., & Saputri, T. S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 6–16. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.6630

Issue

Section

Articles