PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.7785Keywords:
menulis puisi, teknik akrostik, media gambar, pahlawan nusantaraAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara dan (2) mengetahui perubahan perilaku dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantarapada siswa kelas V SD Negeri 3 Kertayasa. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri III Kertayasa. Data berupa RPP, foto, hasil tes, daftar nilai, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Indikator ketercapaian 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 47,67% dan siklus 2 sebesar 74,8% sehingga siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 27,2% dari siklus 1, dan (2) terjadi perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara.
Downloads
References
Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Dasar dan Menengah.
Fleisher, Paul. 2013. Nutrisi Otak 100+ Permainan yang Mengajarkan Anak-anak
Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.
Harianti, Deasy. 2008. Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat (Memory power).Bandung: Tangga Pustaka.
Salam. 2009. “Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Michael Riffaterre”. (online).http://gerbangpendidikan.blogspot.com/2009/01/pembelajaranmenulispuisidengan.html.Diunduh pada Jumat 2 November 2012 pukul 14.25 WIB.
Sayuti, Suminto A. 2010. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Suryaman, Maman. 2010. ″Media Pembelajaran Bahasa Indonesia″, Makalah, dalam Workshop Pengembangan Kompetensi Guru SMK di DIY, FBS UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).