PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH ENERGI ALTERNATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO
DOI:
https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8923Keywords:
Pengembangan Modul, Modul Energi Alternatif, Sumber BelajarAbstract
Pentingnya modul dikembangkan dalam proses pembelajaran karena modul dapat memfasilitasi mahasiswa dalam belajar mandiri maupun tatap muka. Tujuan kegiatan penelitian pengembangan ini ialah menghasilkan suatu produk berupa paket modul pembelajaran berbentuk cetak untuk mata kuliah Energi Alternatif yang layak dan efektif digunakan pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang berorientasi pada produk dengan mengikuti alur model pengembangan Rowntree. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan sumber belajar modul meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar Energi Alternatif, diperlukan modul pembelajaran berbentuk cetak. Modul pembelajaran yang dikembangkan, berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dosen pengampu, dan uji lapangan kepada mahasiswa dinyatakan baik dan layak dimplementasikan untuk pembelajaran. Modul pembelajaran Energi Alternatif ini direkomendasikan untuk digunakan pada proses pembelajaran mata kuliah.
Downloads
References
Adinugroho, Wahyu Catur., Noorcahyati. Energi Alternatif (Batubara & Jarak) Solusi Pasca Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak, Jurnal Nasional
Basri, Hasan. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Reposisi Pendidikan Kejuruan Menjelang 2020. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Gustafon, Kent L. 2002. Survey of Instructional Development Models. New York: Eric Clearing House on Information & Technology Syracuse University
Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, Nurdin.2010. Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandar, M Yusup. 2017. Pengembangan Paket Modul Cetak Mata Pelajaran Fiqih di MTS Bina Cendekia Kabupaten Bogor. Jakarta: Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Januszewski, Alan., Michael Molenda. 2008. Educational Technology: A Definition with Commentary. New York: Routdege
Liun, Edwaren. 2011. Potensi Energi Alternatif Dalam Sistem Kelistrikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Energi Nuklir IV
Mata Diklat Pengukuran di SMK. 2015. Jurnal Taman Vokasi Volume 3 No 2 Des. Jurnal Nasional
Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Group
Newby, Timothy J. 2011. Educational Technology for Teaching and Learning. Canada: Pearson Educational
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.2006. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Penulisan Modul. 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Popham, James. 2003. The Instructional Role of Assessment. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
Prastowo, Andi.2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Prayitno, Agus., dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Bervisi Sets Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (Cep) pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No. 1, 2016, hlm 1617-1628). Jurnal Nasional
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sitem Instructional. Jakarta: Dian Rakyat
Rowntree, Derek. 1994. Preparing Material for Open, Distance and Flexible Learning. London: Kogan Page Limited
Rusman.2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Garfindo Persada
Seels, Barbara B., Rita C. Richey. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington DC: AECT
Sitepu, B P. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publising
Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Smaldino, Sharon E. 2008. Instructional Technology and Media for Learning, 9th edition. New Jersey: Pearson, Prentince Hall
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumiati. 2010. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Suparman, M Atwi. 2014. Desain Instructional Modern. Jakarta: Erlangga
Susilo, Agus., dkk. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII Sma N I Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835 52. Jurnal Nasional
Syukur, Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL Media Group
Vine, Michelle M., dkk. 2016. Exploring Local Level Factors Shaping the Implementation of a Blended Learning Module for Information and Geospatial Literacy in Ontario. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 7, Iss. 2, Art. 9. Jurnal International
Windarti. Pengembangan Modul Pembelajaran Logika yang Memuat Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X SMK (PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015, (106-116). Jurnal Nasional
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gudang Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with JINoP (Jurnal Inoasi Pembelajaran) agree to the following terms:
- For all articles published in the JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to the automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).