PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH ENERGI ALTERNATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO

Authors

  • Yuli Sutoto Nugroho Universitas Negeri Surabaya
  • Suyitno Suyitno Universitas Negeri Jakarta
  • Daryanto Daryanto Universitas Negeri Jakarta
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya
  • Lorencia Endah Cahya Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Miftahur Rohman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8923

Keywords:

Pengembangan Modul, Modul Energi Alternatif, Sumber Belajar

Abstract

Pentingnya modul dikembangkan dalam proses pembelajaran karena modul dapat memfasilitasi mahasiswa dalam belajar mandiri maupun tatap muka. Tujuan kegiatan penelitian pengembangan ini ialah menghasilkan suatu produk berupa paket modul pembelajaran berbentuk cetak untuk mata kuliah Energi Alternatif yang layak dan efektif digunakan pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang berorientasi pada produk dengan mengikuti alur model pengembangan Rowntree. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan sumber belajar modul meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar Energi Alternatif, diperlukan modul pembelajaran berbentuk cetak. Modul pembelajaran yang dikembangkan, berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dosen pengampu, dan uji lapangan kepada mahasiswa dinyatakan baik dan layak dimplementasikan untuk pembelajaran. Modul pembelajaran Energi Alternatif ini direkomendasikan untuk digunakan pada proses pembelajaran mata kuliah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuli Sutoto Nugroho, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya, Faculty of Engineering, Department of Electrical Engineering

References

Adinugroho, Wahyu Catur., Noorcahyati. Energi Alternatif (Batubara & Jarak) Solusi Pasca Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak, Jurnal Nasional

Basri, Hasan. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Reposisi Pendidikan Kejuruan Menjelang 2020. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Gustafon, Kent L. 2002. Survey of Instructional Development Models. New York: Eric Clearing House on Information & Technology Syracuse University

Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ibrahim, Nurdin.2010. Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar, M Yusup. 2017. Pengembangan Paket Modul Cetak Mata Pelajaran Fiqih di MTS Bina Cendekia Kabupaten Bogor. Jakarta: Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Januszewski, Alan., Michael Molenda. 2008. Educational Technology: A Definition with Commentary. New York: Routdege

Liun, Edwaren. 2011. Potensi Energi Alternatif Dalam Sistem Kelistrikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Energi Nuklir IV

Mata Diklat Pengukuran di SMK. 2015. Jurnal Taman Vokasi Volume 3 No 2 Des. Jurnal Nasional

Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Group

Newby, Timothy J. 2011. Educational Technology for Teaching and Learning. Canada: Pearson Educational

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.2006. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Penulisan Modul. 2008. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Popham, James. 2003. The Instructional Role of Assessment. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development

Prastowo, Andi.2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Prayitno, Agus., dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Bervisi Sets Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (Cep) pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No. 1, 2016, hlm 1617-1628). Jurnal Nasional

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sitem Instructional. Jakarta: Dian Rakyat

Rowntree, Derek. 1994. Preparing Material for Open, Distance and Flexible Learning. London: Kogan Page Limited

Rusman.2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Garfindo Persada

Seels, Barbara B., Rita C. Richey. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington DC: AECT

Sitepu, B P. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publising

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Smaldino, Sharon E. 2008. Instructional Technology and Media for Learning, 9th edition. New Jersey: Pearson, Prentince Hall

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiati. 2010. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Suparman, M Atwi. 2014. Desain Instructional Modern. Jakarta: Erlangga

Susilo, Agus., dkk. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII Sma N I Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835 52. Jurnal Nasional

Syukur, Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL Media Group

Vine, Michelle M., dkk. 2016. Exploring Local Level Factors Shaping the Implementation of a Blended Learning Module for Information and Geospatial Literacy in Ontario. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 7, Iss. 2, Art. 9. Jurnal International

Windarti. Pengembangan Modul Pembelajaran Logika yang Memuat Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas X SMK (PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015, (106-116). Jurnal Nasional

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gudang Persada

Downloads

Published

05/28/2019

How to Cite

Nugroho, Y. S., Suyitno, S., Daryanto, D., Achmad, F., Ningrum, L. E. C., & Rohman, M. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH ENERGI ALTERNATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 93–106. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8923

Issue

Section

Articles