Model Pelimpah Samping Bendungan Bajulmati menggunakan Lateral Structure pada Program Hec-Ras

Authors

  • Lourina Evanale Orfa Civil Engineering Departement, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Chairil Saleh Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v17i2.11175

Keywords:

Lateral Structure, Pelimpah Samping, Program Hec-Ras

Abstract

Pelimpah bendungan berfungsi untuk membuang kelebihan air tampungan pada saat kondisi banjir. Pada Bendungan Bajulmati, pelimpah yang digunakan adalah pelimpah samping. Program Hec-Ras digunakan untuk memodelkan aliran yang dilengkapi oleh model untuk menyerupai struktur di bagian aliran. Pada Program Hec-Ras terdapat Lateral Structure yang dapat memodelkan konstruksi pada sisi penampang saluran. Untuk memodelkan sesuai dengan karakteristik aliran di pelimpah samping maka akan digunakan Lateral Structure yang ada di Program Hec-Ras. Dari hasil permodelan menunjukkan bahwa permodelan geometri menggunakan Storage Area dan Lateral Structure dapat digunakan untuk memodelkan aliran di pelimpah. Tetapi harus diawali dulu dengan pembuatan initial condition untuk mendapatkan aliran dasar. Mengingat bahwa Program Hec Ras tidak bisa disimulasi untuk aliran kering. Boundary Condition hulu menggunakan debit inflow dan boundary condition hilir menggunakan muka air. Lateral Structure yang digunakan berupa weir karena pelimpah bendungan berupa pelimpah dengan tipe Ogee.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lourina Evanale Orfa, Civil Engineering Departement, Universitas Muhammadiyah Malang

References

Chow, V.T. (2000). Hidrolika Saluran terbuka (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ismawati, Sintya Maghfiro. (2017). Permodelan Aliran 1D pada Bendungan Tugu menggunakan Software Her Ras. Skripsi Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh November: Tidak diterbitkan.

Mawardi, Erman. dan Moch Memed. (2002). Desain Hidraulik Bendung Tetap untuk Irigasi Teknis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Mawardi, Erman. (2007). Desain Hidraulik Bangunan Irigasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Novak, dkk. (1990). Hydraulic Structures. London : Unwin Hyman.

Orfa, Lourina Evanale dkk. (2018). Permodelan Aliran di Pelimpah Bendungan menggunakan Program Her-Ras. Seminar Nasional Teknik Sipil dan Perencanaan (SEMSINA) 2018 “Infrastruktur Berkelanjutan”. Hal 137. Malang.

Prastumi, Aniek Masrevaniah. (2008). Bangunan Air. Surabaya : Srikandi.

Ramadhani, Elvira Eka dkk. (2016). Studi Pengendalian Banjir Sungai Cimanuk dengan menggunakan Retarding Basin pada Hilir Bendungan Jatigede di Provinsi Jawa Barat. Skripsi Teknik Pengairan, Universitas Brawijaya: Tidak diterbitkan.

Sathe, N.J . (2018). Study of End Weir using Hec-Ras of Gunjwani Dam Spilway. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology (IJIERT) 5(6) 51-56.

Sosrodarsono, S. dan Kazuto Nakazawa. (2000). Bendungan Tipe Urugan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Soedibyo, Ir. (2003). Teknik Bendungan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

US Army Corps of Engineers. (2010a.) HEC-RAS River Analysis System: Hydraulic Reference Manual. Hydrologic Engineering Center.

US Army Corps of Engineers. (2010b). HEC-RAS River Analysis System: User’s Manual. Hydrologic Engineering Center.

Downloads

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles