Manajemen Risiko Proyek Konstruksi Flyover di Indonesia dengan Metode House of Risk (HOR)
DOI:
https://doi.org/10.22219/jmts.v18i1.12267Keywords:
Flyover, House of Risk, Manajemen Risiko.Abstract
Proyek konstruksi flyover memiliki karakteristik yang khas dan sangat kompleks, sehingga menghadapi berbagai kejadian risiko yang dapat berdampak serius terhadap kelangsungan proyek. Kejadian risiko mungkin terjadi karena agen risiko yang menjadi penyebabnya. Mengingat pembangunan flyover ini merupakan hal yang sangat penting dan menjadi proyek yang sangat strategis dan biasanya berskala besar, maka diperlukan kajian terhadap manajemen risiko dalam proyek konstruksi flyover. Tujuan penelitian ini adalah memitigasi risiko dalam proyek konstruksi flyover di Indonesia. Metode yang digunakan dalam manajemen risiko ini adalah House of Risk (HOR). Hasil dari HOR ini terindentifikasi 34 kejadian risiko, 17 agen risiko dan 17 tindakan pencegahan dalam proyek konstruksi flyover. Agen risiko prioritas yang harus dimitigasi adalah pengawasan pekerjaan yang tidak berjalan dengan baik. Tindakan pencegahan yang menjadi prioritas adalah adanya pengawasan intern dari owner terhadap penyedia jasa maupun konsultan pengawas.
Downloads
References
Aldiamar, F., Ariestianty, S. K., Putra, H., Numan, A., Nugraha, W., Hanafiah, D. M., Tanan, N., Purnama, A. S., Sumardi, T. S., (2015) Naskah Ilmiah Kajian Perencanaan Struktur Baja Bergelombang Lintas Atas Dan Penanganan Longsoran Lereng Jalan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, Bandung.
Anggraini, L., Rahmawati, D., & Widorini, T. (2017). Analisis Pengaruh Kualifikasi Konstraktor Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Kota Semarang. Pengemangan Rekayasa Dan Teknologi, Vol. 13, No. 2, 72-78.
Baskoro, B. B., Bintang, C. N., & Rohman, M. A. (2012). Analisis Risiko Pada Proyek Flyover Pasar Kembang Surabaya. Retrieved June 5, 2020, from http://digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-31001130003193/27653.
Choudhry, R. M., & Aslam, M. A., Hinze, J. W., & Arain, F. M., (2014). Risk Analysis of Bridge Construction Projects in Pakistan: Establishing Risk Guidelines. Journal of Construction Engineering and Management, 1-9.
Christina, W. Y., Djakfar, L., & Thoyib, A. (2012). Pengaruh Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 6, No. 1, 83-95.
Geraldin, L., H., Pujawan, I. N., & Dewi, D., S. (2007). Manajemen Risiko dan Aksi Mitigasi untuk Menciptakan Rantai Pasok yang Robust. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Teknik Sipil. 53-64.
Hakim, A., R. (2017). Implementasi Manajemen Risiko Sistem Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Pada Pembangunan Flyover Pegangsaan 2 Kelapa Gading Jakarta Utara. Media Komunikasi, Vol. 23, No. 2, 113–123.
Hutchison, A. (2015). Risk Management Strategic Plan and Strategic Risk Register. Tay Road Bridge Joint Board. Skotlandia. Retrieved February 17, 2020, from http://www.tayroadbridge.co.uk/ sites/default/files/board_documents/TRB%009%20rev%201%202015%20Strategic%20Risk%20Management.pdf.
IAPPI. (2018). Kegagalan Pelaksanaan Erection PCI Girder Bentang 50M. Retrieved July 25, 2020 from http://www.iappi-indonesia.org/?p=1728.
Indriani, M. N., Widnyana, I. N. S., & Laintarawan, I. P. (2019). Analisis Peran Konsultan Perencana Dan Konsultan Pengawas Terhadap Keberhasilan Proyek. Widya Teknik, Vol. 13, No. 2, 47-66.
Katsuaki, M., & Ichiro, T. (2010). Nhat Tan Bridge (Vietnam-Japan Frienship Bridge). Katahira & Engineers International. Socialist Republic of Vietnam.
Murti, A. K. (2015). Analisis Hubungan Antara Pelatihan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Perilaku Aman Pada Pekerja Konstruksi. Jurnal Magister Teknik Sipil, 1-9.
Prabawati, D. I., Mifbakhuddin & Prasetio, D. B. (2019). Kepatuhan Pekerja Ketinggian Dalam Melaksanakan Standard Operasional Prosedure. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (The Indonesian Journal Of Public Health). Vol. 14, No. 2, 29-34.
Pujawan, I. N., & Geraldin, L.,H. (2009). House of Risk: a Model for Proactive Supply Chain Risk Management. Business Procces Management Journal Vol. 15, No. 6, 953-967.
Santoso, N. B. (2017). Analisis Manajemen Risiko Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono Ruas Ngawi-Kertosono Paket 3). Retrieved March 27, 2020 from http://eprints.ums.ac.id/57589.
Sari, D. P., Duhita, A., Maya, A., Ellery, T., & Arman, M. (2018). Analisis Risiko Pada Proyek Pembangunan Flyover Tol Warungasem Batang dengan Kerangka Project Complexity And Risk Assesmentdan FMEA, Prosiding Seminar Nasional IENOCO-2018, 314-321.
Setiarsih, Y., Setyaningsih, Y., & Widjasena, B. (2017). Hubungan Karakteristik Pekerja, Promosi K3, Dan Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Mechanical Maintenance. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Vol. 5, No. 5, 424-433.
Sinaga, Y. Y., Bintang, C. N., & Adi, T. W. (2014). Identifikasi dan Analisi Risiko Kecelakaan Kerja dengan Metode FMEA (Failure Mode And Effect Analysis) dan FTA (Fault Tree Analysis) di Proyek Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1, 1-5.
Soenarto (1994). Teknik Delphi Suatu Pendekatan dalam Perencanaan Pendidikan. Cakrawala Pendidikan Vol. 2 No 2, Tahun XIV,111-122.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sutardi, A., (2010). Pareto Plus. Mahasiswa Tidak Memble Siap Ambil Alih Kekuasaan Nasional. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Syuryadi, P. A. (2017). Pengembangan Model Rating Konsisi Jembatan Berbasis Analytical Network Process dalam Sistem Manajemen Jembatan. Tesis, Indonesia. Universitas Katolik Parahyangan Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Vederieq Yahya Enderzon, Anton Soekiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
MEDIA TEKNIK SIPIL Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.