EVALUASI PRASARANA KERETA API TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI STASIUN LEMPUYANGAN

Authors

  • Prayogo Afang Prayitno Universitas Islam Indonesia
  • Aisyah Nur Jannah Universitas Islam Indonesia
  • Prima Juanita Romadhona Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v19i2.15138

Keywords:

prasarana, stasiun kereta api, fasilitas penyandang disabilitas

Abstract

Stasiun Lempuyangan memiliki peran vital sebagai simpul pergerakan dan aksesibiltas masyarakat Provinsi D.I. Yogyakarta. Aksesibilitas pada stasiun harus bersifat inklusif atau dapat dirasakan oleh semua masyarakat termasuk penyandang disabilitas. Aksesibilitas yang inklusif dapat diwujudkan dengan menyediakan prasarana perkeretaapian yang mengakomodasi penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi eksisting yang mengatur fasilitas bagi disabilitas pada stasiun kereta api, mengetahui kondisi eksisting, serta melakukan analisis terhadap peningkatan fasilitas bagi penyandang disabilitas pada Stasiun Lempuyangan. Metode penelitian yang digunakan adalah normatif-empiris untuk mengetahui kesesuaian antara kondisi eksisting dengan persyaratan yang ada, serta metode IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan fasilitas penyandang disabilitas di stasiun dan mengetahui prioritas peningkatan fasilitas. Hasil penelitian menunjukkan fasilitas penyandang disabilitas pada Stasiun Kereta Api telah diatur secara umum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2017. Kondisi eksisting fasilitas penyandang disabilitas pada Stasiun Lempuyangan secara umum sudah tersedia. Namun terdepat beberapa fasilitas yang belum terpenuhi yaitu guide block pada area penting (pedestrian, loket dan toilet), petunjuk khusus pada area pelayanan dalam bentuk bunyi atau huruf Braille, informasi perjalanan kereta api visual secara real-time dan tempat parkir khusus penyandang disabilitas. Prioritas peningkatan fasilitas adalah fasilitas petunjuk khusus pada area pelayanan yang mudah di akses penyandang disabilitas dan pintu/gate yang aksesibel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi DI Yogyakarta. (2017). Provinsi DI Yogyakarta dalam Angka Tahun 2017. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DI Yogyakarta.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2012). Research Methods in Education (6th Edition). New York: Routllege Falmer.

Juniawan, D. M., Wicaksono, A., & Kusumaningrum, R. (2018). Kajian Kinerja Pelayanan Sisi Darat Bandara Banyuwangi dengan Metode IPA dan SWOT, Tesis. Malang: Universitas Brawijaya.

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 14/PRT/M/2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung. DKI Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Kementerian Perhubungan. (2011). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 29 Tahun 2011 tentang Persyaratan Teknis Bangunan Stasiun Kereta Api. DKI Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan. (2011). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 33 Tahun 2011 tentang Jenis, Kelas, dan Kegiatan di Stasiun Kereta Api. DKI Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum. DKI Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan. (2017). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2017 Tentang Penyediaan Aksesibilitas pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Kementerian Sosial Republik Indonesia. (2020). Sistem Informasi Management Penyandang Disabilitas . Retrieved Februari Rabu, 2020, from https://simpd.kemsos.go.id/

Mahardika, S. W., & Nurhayati, E. (2018). Usulan Perbaikan Sistem Aksesibilitas Publik bagi Penyandang Disabilitas dengan Pendekatan Dinamika Sistem (Studi Kasus di Stasiun Yogyakarta). IEJST (Industrial Engineering Journal of The University of Sarjanawiyata Tamansiswa), 2(2), 113-124.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero). (2012). Pedoman Standarisasi Stasiun Kereta Api Indonesia. Bandung: PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. DKI Jakarta: Republik Indonesia.

Siregar, S. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS (1st ed.). Jakarta: KENCANA.

The United Nations Development Programme. (2015). Transforming Our World: The 2030 Agenda For Sustainable Development. Ney York: The United Nations Development Programme.

Wicaksono, T. T., Pradana, G. H., & Simamora, J. I. (2019). Pelayanan Umum Kereta Api di Yogyakarta. INKLUSI: Journal of Disability Studies , 6(1), 47-70.

Widiyanto, Y. A. (2019). Evaluasi Fasilitas Eksisting Pelabuhan dan Rencana Pengembangan Sunda Kelapa. Yogyakarta: Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Prayitno, P. A., Jannah, A. N., & Romadhona, P. J. (2021). EVALUASI PRASARANA KERETA API TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI STASIUN LEMPUYANGAN. Media Teknik Sipil, 19(2). https://doi.org/10.22219/jmts.v19i2.15138