ANALISIS KAPASITAS PARKIR DI SEKITAR STASIUN BOGOR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v16i1.5042

Keywords:

Tingkat Kepuasan, Pelayanan, Parkir.

Abstract

Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa parkir ditinjau dari lima aspek yaitu Kemampuan Ujian (tangible), kemampuan nyataan (reliability), kecepatan tanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Adapun metode survei di lapangan (field research) yaitu pengamatan langsung di sekitar Stasiun Bogor melalui penyebaran surveyor pada titik-titik pengamatan (cordon count). Hasil survei dianalisis menggunakan program Microsoft Excel. Pengambilan data dengan cara mencatat jumlah kendaraan bermotor yang masuk dan keluar pada waktu tertentu. Didapatkan kapasitas parkir untuk  digunakan dalam perhitungan kapasitas parkir survei (eksisting) sebesar 409 SRP untuk parkir motor di tempat A dan 247 SRP untuk parkir motor di tempat B. Hasil penelitian menunjukan bahwa volume maksimum parkir mencapai 414 motor untuk parkiran A dan 360 motor untuk parkiran B. Akumulasi tertinggi mencapai 384 motor untuk parkiran motor A dan 305 motor untuk parkiran B. Penggunaan ruang parkir ditinjau dari Parking Turn Over mencapai rata-rata 0,964 untuk parkiran A dan 1,416 untuk parkiran B. Jika kebutuhan ruang parkir lebih besar dari kapasitas tesedia maka jumlah ruang parkir tersebut tidak mencukupi. Demikian sebaliknya, apabila kebutuhan ruang parkir lebih kecil dari kapasitas tersedia berarti artinya jumlah ruang parkir masih mampu menampung kendaraan yang akan parkir. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syaiful Syaiful, Ibn Khaldun University Bogor

Civil Engineering Departement

Rulhendri Rulhendri, Ibn Khaldun University Bogor

Civil Engineering

References

Abubakar, I. 1998. Sistem Transportasi Kota. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.

A.I. Syahidina, A. Goeritno and Syaiful, 2017. “Penggunaan System Dynamics Software Untuk Simulasi Model Kebijakan Perburuan Rusa,” di Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu (SENMI) VIII, 2017, Universitas Budi Luhur, Jakarta, hlm. ICT- 210 – ICT- 217.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1996. Pedoman Teknis Peyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

Hermawan, Warsito. 1995. Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Hobbs, F. D., 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi Kedua, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Kotler, Philips dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. PT. Indeks.

Kotler, Philips. 2000. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Marzuki, 1997. Metodologi Riset. BPFE. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2001, Pedoman Penentuan Standar Pelayanan Minimal Bidang Penataan Ruang, Perumahan Dan Permukiman Dan Pekerjaan Umum.

Oppenlender J.C and P.C. Box. 1976. Manual of Traffic Engineering Studies. Institute of Transportation Engineering Washington DC.

Peraturan Daerah Kota Bogor, Tentang tarif Parkir SK No 6/2008, tahun 2008.

Peraturan Daerah Kota Bogor, 2012, Tentang tarif Parkir Baru di Jalan Surya Kencana SK No 4/2012, bulan Juli 2012.

Raharjo, A.D.A. 2011. Analisis Kapasitas Ruang Parkir RSUD Dr. R. Koesma Tuban-Jawa Timur. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

SYAIFUL, SYAIFUL (2005) ANALISIS KEBISINGAN ARUS LALU LINTAS DAN GEOMETRI JALAN DI KAWASAN SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, INSTITUTIONAL REPOSITORY.

Syaiful, S., & Elvira, Y. (2017). Case Study On Use Area Parking At New Market City Shopping Center Bogor. IJTI (International Journal Of Transportation And Infrastructure), 1(1), 34-40. Retrieved from http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/ijti/article/view/330

Syaiful, S., & Rulhendri, R. (2014). ROAD MAP KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA BOGOR (KAJIAN SEKSI II UNTUK KASUS DI DEPAN RSUD CIAWI BOGOR). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, 2(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/2939

Syaiful, 2015, “Tingkat Kebisingan Akibat Kendaraan Bermotor Di Depan Rumah Sakit Hermina Bogor,” di Seminar Nasional Teknik Sipil V 2015, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6479?show=full

[Syaiful, S.T., M.T. (2016); Noise Analysis Caused by Vehicle Speed in front of RS PMI BOGOR Int. J. of Adv. Res. 4 (1). 772-779] (ISSN 2320-5407). http://www.journalijar.com/article/7687/noise-analysis-caused-by-vehicle-speed-in-front-of-rs-pmi-bogor/

Tobing, David M.L . 2007. Parkir dan Perlindungan Hukum Konsumen. PT. Timpaui Agung : Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Jakarta, 2009.

Warpani S, 1990. Rekayasa Lalu Lintas. Bhatara Karya Aksara, Jakarta.

Z. Tamin, Ofyar. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung.

Downloads

Published

2018-06-11

Issue

Section

Articles