PERMASALAHAN LINGKUNGAN SUNGAI PEGAMBANGAN KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Muhammad Fitriansyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Asmadi Asmadi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ayu Putri Kusmia Sari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v16i2.6269

Keywords:

Pengambangan, Sampah, Sungai

Abstract

Lingkungan dapat menjadi masalah krusial terhadap pembangunan kota berkelanjutan, seperti pembungan sampah yang tidak pada tempatnya yang menyebabkan tercemarnya pemukiman. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya berkurang dan menyebabkan pemukian dan air di sepanjang aliran sungai menjadi tercemar yang membuat kualitas hidup masyarakat di daerah sungai pangambangan itu rendah akibat kurangnya kesadaran tentang penting nyan kebersihan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif dan survey langsung ke lokasi. Alternatif yang dapat di terapkan adalah menjadikan sungai tersebut sebagai wisata edukasi. Pemerintah diharapkan bisa membantu memperbaiki bangunan-bangunan rumah warga disekitar sungai pengambangan dan yang terutama adalah pembersihan sungai untuk dapat menarik minat wisatawan. Memperindah lingkungan sungai pengambangan seperti pembersihan sungai, peremajaan bangunan warga, membuka ruang terbuka hijau serta melengkapi fasilitas yang ada seperti tempat sampah, kursi untuk bersantai, toilet umum dll.

References

Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin., (2016). Kota Banjarmasin Dalam Angka. Banjarmasin: BPS Kota Banjarmasin.

Herliyani, AF. (2011). “Studi Inventarisasi Sungai Yang Tidak Produktif Di Kota Banjarmasin” dalam Jurnal INTEKNA No. 2 (hal. 157-165). Banjarmasin.

Mahyudin dkk. (2015). Analisis Kualitas Air Dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Metro di Kota Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Pembangunan dan Alam Lestari, 6(2) Hal:105-114.

Maryono, A. (2017). Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Nugrohoo, AR. (2017). Basis Data Potensi Sosial Ekonomi Untuk Pengelolaan Wilayah Perkotaan Tepian Sungai. Prosiding Semnas Geografi UMS (hal. 449-467).

Peraturan Menteri Kesehatan RI No :492/Menkes/PER/IV/2010.

Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No 5 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banjarmasin Tahun 2013 – 2032.

Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No 2 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Sungai

Yogafanny, E. Pengaruh Aktifitas Warga di Sempadan Sungai terhadap Kualitas Air Sungai Winongo. Jurnal Sains dan Teknologi 7(1). Hal: 41-50.

Downloads

Published

2018-08-11

Issue

Section

Articles