PENILAIAN KINERJA PENGAWAS PADA PEKERJAAN DAM/BENDUNG KELORAHAN DESA MANGGISAN KECAMATAN TANGGUL JEMBER

Authors

  • amri gunasti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Eko Suasmadi Universitas Muhammdiyah Jember
  • Taufan Abadi Universitas Muhammdiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v17i1.7510

Keywords:

Pengawas, Bendung, Berbeda Nyata, Berbeda Sangat Nyata

Abstract

Secara keseluruhan, kesalahan yang umum dilakukan pengawas dilapangan adalah seringnya tidak disiplin dalam melakukan pengawasan secara rutin. Selain itu pengawas juga sering mengabaikan ukuran-ukuran yang sangat kecil skalanya. Tidak jeli membaca gambar merupakan kesalahan yang lain yang umum dilakukan oleh pengawas. Bila sudah demikian maka tentu saja akan merugikan banyak pihak, baik konsultan, kontraktor, maupun pemilik proyek, sehingga perlu penelitian yang serius. Dalam penelitian  ini  dilakukan  dengan menggunakan  uji  z. Secara keseluruhan indikator yang termasuk kedalam kategori non signifikan (NS) dengan nilai mulai dari -1.155 sampai 1.910 terdiri dari disiplin, Kompetensi unggulan (Kompetensi spesifik), Kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan bekerja mandiri/mengambil inisiatif, Kemampuan komunikasi, Memberi solusi pada pelaksana, Memberi solusi pada pelaksana, Kemampuan prestasi, Kepemimpinan, Kemampuan analisis, Kemampuan menghitung volume bangunan, Kemampuan interpersonal, Integritas (etika dan moral), Kreatif inovatif, Pengetahuan/kompetensi teknis, Kemampuan belajar hal – hal baru, Kemampuan bekerja dalam tim, Komitmen/dedikasi dalam pekerjaan, Manajemen Proyek, Kemampuan menghitung RAB, Penggunaan teknologi informasi. Indikator dengan kategori berbeda nyata dengan nilai -2.389 sampai 2.303 terdiri dari Kemampuan dalam perencanaan bangunan, Kemampuan beradaptasi, Analisis problem solving. Indikator dengan  dengan kategori berbeda sangat nyata terdiri dari Keahlian berdasarkan profesionalisme, Pengembangan diri serta Kerja di bawah tekanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berry, Leonard L. (1983). “Relationship Marketing”: in Emerging Persfective on Services Marketing, American Marketing Association, 25-28.

Efendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta

Egan, John.. (2001). Relationship Marketing: Exploring Relationship Strategies in Marketing, 1st ed. England: Pearson Education Limited.

Ghony. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multavariat dengan Program SPSS, Edisi Ketiga. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunasti, A. (2017) Penilaian Kinerja Peladen Dan Harapan Tukang Dalam Proyek Konstruksi. Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Jember.

Gunasti, A. (2017). Penilaian Kinerja Tukang Dan Harapan Mandor Dalam Proyek Konstruksi. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(1).

Gunastri, N.M (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi, motivasi kerja dan kinerja karyawan. Forum manajemen 7 (1).

Handoko. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ilyas.Y, (2001). Kinerja Teori Penilaian & Penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM UI,Depok

Karjadi.M. (1981). Kepemimpinan (Leadership). Bandung: PT Karya Nusantara.

Malayu.SP. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara. AP. (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Subiyantoro, A. (2009). Karakteristik individu, karakteristik pekerjaan, karakteristik organisasi dan kepuasan kerja pengurus yang dimediasi oleh motivasi kerja ( studi pada pengurus KUD dikabupaten Sleman). Jurnal manajemen dan kewirausahaan 11. (1)

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suwanto. (2011). Manajemen SDM Dalam Organisasi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Service Management, Mewujudkan Layanan Prima Edisi II, Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-02-28

Issue

Section

Articles