PENGELOLAAN DAN PENGENDALIAN AIR HUJAN DALAM PERUMAHAN SEBAGAI UPAYA KONSERVASI AIR TANAH

Authors

  • Daru Pratomo Universitas Widya Dharma Klaten
  • Muchammad Suranto Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v17i1.7515

Keywords:

limpasan permukaan, resapan air, tampungan air

Abstract

Limpahan air hujan yang tidak terkendali membuat masalah banjir. Usaha dalam menerapkan teknik drainase menjadi pilihan dalam rangka menghadapi global warming yaitu sistem drainase air hujan berwawasan lingkungan. Sistem ini menurut [Sunjoto, 2007] terdiri dari tiga kelompok yaitu Sumur Peresapan Air Hujan (Recharge Well), Parit Resapan Air Hujan (Recharge Trench) dan Taman Resapan Air (Recharge Yard) dan yang terakhir ini juga disebut Taman Bertanggul [Sujono, 2005].Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan metode yaitu metode purposive sampling untuk pengukuran permeabilitas  yang  mempertimbangkan pengambilan sampel pada lahan yang belum diberi perkerasan seperti lahan kosong maupun pekarangan rumah sedangkan untuk pengukuran kedalaman  muka  air  tanah  dengan mengukur kedalaman permukaan air sumur eksisting dan dengan cara menggali rencana sumur resapan yang akan dipakai dalam komplek perumahan. Berdasarkan pendekatan perhitungan metode SNI 03-2453-2002 kebutuhan sumur resapan untuk menampung limpasan air hujan akibat dari tertutupnya lahan terbuka oleh rumah dan carport sebanyak 20 unit. Sedangkan sebagai pengganti lahan yang tertutup oleh paving block, dibuat 8 unit. Dengan dimensi sumur resapan diameter 1 m, kedalaman 1,5 m atau 3 buah buis beton untuk setiap sumur resapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bradja M. Das. (1993). Mekanika tanah Prinsip-prinsip, rekayasa geoteknik, jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Badan Standardisasi Nasional. (2002). SNI 03-2453-2002, Tata Cara Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan untuk Lahan Pekarangan.

Eka, A.,I., dan Ig. L. Setyawan P. (2013). Rancangan Sumur Resapan air hujan sebagai salah satu usaha konservasi air tanah di perumahan Dayu Baru Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Moh. Masduki Hardjosuprapto, Ir. (1999). Drainase perkotaan.

Nopandi V., P., dan Ivan I. (2014). Penerapan Sumur Resapan pada Perencanaan Drainase Wilayah di Kecamatan Tarutung (Studi Kasus : Kawasan Permukiman Kelurahan Hutatoruan VII).

Sunjoto. (2007). Peningkatan Tampungan Air Tanah Akibat Infiltrasi di Saluran, Pros. Lokakarya Nasional Rekayasa Penanggulanagan Dampak Pengambilan Air Tanah, Dept. ESDM. PLG, Jakarta 6 September 2007.

Sujono. (2005). Laporan Penelitian Survei Drainase Lingkungan Kampus, Yogyakarta

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Pratomo, D., & Suranto, M. (2019). PENGELOLAAN DAN PENGENDALIAN AIR HUJAN DALAM PERUMAHAN SEBAGAI UPAYA KONSERVASI AIR TANAH. Media Teknik Sipil, 17(1), 19–27. https://doi.org/10.22219/jmts.v17i1.7515

Issue

Section

Articles