Efek Penggunaan Balok Tidur Terhadap Perilaku Seismik Struktur Gedung Beton Bertulang Berlantai Banyak

Authors

  • Resmi Bestari Muin Universitas Mercubuana
  • Rahmat Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.22219/jmts.v17i2.9863

Keywords:

balok tidur, gaya geser dasar, periode getar struktur, simpangan antar tingkat.

Abstract

Adakalanya balok tidur harus digunakan demi mendapatkan jumlah lantai yang lebih banyak, sementara berdasarkan ilmu gaya balok tidur kurang menghasilkan desain yang optimal, dan tentunya akan berpengaruh juga terhadap perilaku seismic struktur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku bangunan terhadap beban gempa dengan menggunakan balok tidur. Objek penelitian ini menggunakan bangunan gedung berbentuk persegi panjang. Perilaku struktur bangunan yang ditinjau antara lain respon struktur berupa gaya geser dasar, periode getar struktur, simpangan total dan simpangan antar tingkat. Analisis terhadap beban gempa menggunakan analisis dinamis respons spektrum berdasarkan SNI 1726:2012 dengan bantuan software Robot Analysis Struktur versi 2019.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan balok tidur pada bangunan menurunkan kekakuan struktur, memperbesar periode getar struktur, memperkecil gaya geser dasar, memperbesar simpangan total dan simpangan antar tingkat. Akibat penggunaan balok lebar dengan luas yang sama dengan balok normal, menghasilkan jumlah tulangan yang dibutuhkan lebih banyak 1,218% dari balok normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gabriella Maria Magdalena S. 2018. “PERENCANAAN GEDUNG BETON BERTULANG DENGAN MENGGUNAKAN BALOK-BALOK KANTILEVER” Universitas Mercubuana

Imran, Iswandi, dan Fajar Hendrik. 2009. Perencanaan Struktur Gedung Beton Bertulang Tahan Gempa. Penerbit ITB. Bandung.

Imran, Iswandi, dan Ediansjah Zulkipli. 2018. Perencanaan Dasar Struktur Beton Bertulang. Penerbit ITB Press.Bandung..

Nadia Rahma Pramesti. 2018. “ANALISA PERILAKU BANGUNAN TIDAK BERATURAN HORIZONTAL DENGAN VARIASI DIMENSI KOLOM TERHADAP” Universitas Negeri Jakarta

SNI 2847-2013 Persyaratan Beton Struktural untuk Banguan Gedung, Badan Standarisasi Nasiaonal

SNI 1727-2013 Pedoman perencanaan Pembebanan untuk Rumah dan Gedung, Badan Standarisasi Nasiaonal

SNI 1726-2012 Tata Cara Perencanaan Ketahan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Badan Standarisasi

Published

2019-08-31

Issue

Section

Articles