PENDIDIKAN KARAKTER DI AUCKLAND UNIVERSITY TECHNOLOGY FACULTY EDUCATION
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i2.10074Keywords:
Pembelajaran, International, Pendidikan KarakterAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pendidikan karakter di Aucland University Of Technologi Faculty education, kemampuan mahasiswa di bidang akademik dan non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa di Auckland University Of teknologi, Faculty Education. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil penelitian didapatkan data bahwa penerapannya Pendidikan Karakter sangat efektif, terlihat sekali bahwa Negara New Zealand merupakan sistem pendidikan terbaik didunia dengan kualitas yang di akui secara international. Adapun penerapan 18 karakter dalam proses pembelajaran dikelas, didalam keluarga maupun dimasyarakat. Penerapan Pendidikan Karakter, dalam pembelajarannya seperti di panggung pertunjukan sehingga karakter mahasiswa terpegang secara individu, proses pembelajarannya semuanya menggunakan digital, dilakukan dengan mengikuti sintak atau tahapan sebagai berikut perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi langsung oleh pimpinan fakultas yang berbasis karakter. Tahap perencanaan dilakukan dengan membuat SOP di awal perkuliahan, tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengintegrasikan ke dalam kelompok, dan evaluasi dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab sebagai bentuk refleksi selanjutnyaDownloads
References
Baharuddin dan Nur Esa. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta ARRUZZ MEDIA
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Eggen, P, Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.
Merril, Melanie T. 2001. Pembelajaran Aktif yang Menginspirasi. Jakarta: PT. Indeks.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Prakob. 2016. Development of a Model of Reflection Using Video Based on Gibbs’s Cycle in Electronic Portfolio to Enhance Level of Reflective Thinking of Teacher Students. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 6, No. 1, January 2016.pp. 26-31.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press
Rara, Galuh Puspa, dkk. 2015. Penggunaan Model Demonstrasi dalam Materi Ajar Instalasi Sistem Operasi. Dinamika: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 5 (3)
Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suparlan, dkk. 2008. PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Bandung: Grasindo.
Suparman, A. 2012. DesainInstruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (contextual teaching and learning) Di kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher ianpeng, T., Koraneekij,
Valdez, Anabelie V., Lomoljo, Annaliza., Dumrang, Samsia P., and Manis M. Didatar. (2015). Developing Critical Thinking through Activity –Based and Cooperative Learning Approach in Teaching Higher School Chemistry. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 5, No. 1, January 2015. pp.139-141.
Wahyuningsih, Tri. 2005. Peningkatan Pembelajaran Seni Tari Melalui Penerapan Metode Imitatif dan Penugasan di SD N Sidorejo, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan
Yvonne, 2014. Higher Order Thinking And Assessment. International Seminar on current issues in Primary Education: Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.