Aplikasi Si Marbel Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Tematik di Pendidikan Dasar

Authors

  • Siti Mukaromah Program Pascasarjana IAIN Salatiga
  • Khusna Widhyahrini PGMI, IAIN Salatiga
  • Norwanto Norwanto FTIK, IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.13005

Keywords:

aplikasi permainan, media pembelajaran, permainan edukatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan untuk mengembangkan aplikasi permainan edukatif Si Marbel sebagai media pembelajaran tematik di kelas 1 Sekolah Dasar (SD); mengembangkan dan menguji penerapan aplikasi pendidikan Si Marbel sebagai media pembelajaran tematik di kelas 1; dan mengetahui efektivitas aplikasi permainan edukatif Si Marbel sebagai media pembelajaran tematik di kelas 1 SD.  Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dan aplikasi Si Marbel adalah produk penelitian ini.  Model penelitian yang digunakan adalah model desain instruksional ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate)..  Hasil dari penelitian ini adalah berupa pengembangan aplikasi permainan edukatif Si Marbel.  Hasil penilaian pakar media masing-masing adalah 90 dan 93.  Rata-rata adalah 91,5 yang menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi pendidikan Si Marbel valid dan dapat diterapkan untuk pembelajaran di kelas 1 MI Negeri Salatiga. (3) Uji efektifitas menunjukkan signifikansi (2-tailed) adalah 0.000 (p < 0,05).  Hasil pre-test dan post-test menunjukkan perubahan yang signifikan. Statistik deskriptif dari nilai-nilai pre-test dan post-test menunjukkan bahwa skor post-test lebih baik. Oleh karena itu, aplikasi permainan edukatif Si Marbel terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran tematik tema 5 "Pengalamanku"

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multimetode IPA SD Kelas V pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 120–130.

Andriani Ningsih, P. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 03(02), 1912–1921.

Astini, B. N., -, N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (Ape) Dalam Mengembangka Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678

Astini, B. N., Nurhasanah, & Rahmayati, I. (2016). Al-Quran Dan Pemanfaatan Permainan Edukatif Pada Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 99–124. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.97

Eddia Copeland Solas, K. W. (2017). Instructor ’ s Use o f Student-Generated Annotated Concept Sketches in Formative Assessment in General Science. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 144–161. https://doi.org/10.12973/tused.10217a

Muazzomi, N. (2017). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 133–142. https://doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.110

Muslim, A. H., & Supriatna. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Model Cooperative Tipe TGT Berbasis ATONG bagi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 1–14.

Mustoip, S. (2018). Character Education Implementation for Students in Grade IV SDN 5 Sindangkasih Regency of Purwakarta West Java. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran Volume, 8(2), 112–126. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2739

Nugraheni, A. S., & Siti Khanifah. (2016). Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meingkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 15–23.

Panigrahi, M. R. (2014). School Effectiveness at Primary Level of Education in Relation to Classroom Teaching. International Journal of Instruction, 7(2), 51–64.

Pétervári, J., Osman, M., & Bhattacharya, J. (2016). The role of intuition in the generation and evaluation stages of creativity. Frontiers in Psychology, 7(SEP), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01420

Suhartiningsih. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Bacaan Cerita Peserta didik Kelas VI Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Area Isi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2).

Suparlan. (2014). Pendidikan IPTEK Transformatif. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 155–172.

Tri Sukitman. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 85–96.

Unver, S. K. (2018). Views of Mathematics Student Teachers on Teacher Insights into the Teaching Process. International Journal of Instruction, 11(4), 689–700.

Vronsky, O., & Vronsky, N. (2012). Graphical Competence as The Indicator of The Quality Level of Descriptive Geometry Studies. Journal of International Scientific Publication, 10(2), 202–363.

Wijayanti, R. (2014). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.1109/SSD.2017.8166951

Downloads

Published

2020-09-21