Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT): Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.14086Keywords:
Model NHT, Hasil Belajar, pembelajaran TematikAbstract
Penciptaan interaksi agar siswa aktif dapat dilakukan melalui model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Nglayang 1 tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan eksperimen sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Nglayang dan SD Negeri 2 Nglayang kelas IV yang masing-masing berjumlah 22 dan 23 siswa. Dengan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel berjumlah 45 siswa. Data hasil belajar tematik diperoleh dari teknik tes berupa pilihan ganda. Analisis data diuji menggunakan uji-t. Analisis selisih rata-rata diperoleh tobs = 6,77 α = 0,05 dan DK = {t | t <-2.07 atau t> 2.07}. Karena DK DK, H0 ditolak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar tematikDownloads
References
Chellyana, K.W., &. Siswanto, S. (2015). Implementsi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 13. No. 2, hlm 89-96.
Dewi, R.D., Prihandono, T., &. Handayani, D.R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Disertai Metode Eksperimn pada Pembelajaran Fisika Kelas X di SMA Negeri Arjasa. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.5 No.1, hlm 47-52.
Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2. No. 2, hlm 87-94.
Mulyana, M.A., Hanifah, N., &. Jayadinata, A.K. (2016). Penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Heads together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1, hlm 331-340.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Purwanto, A. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas VIIh SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan, 2(1), 36-41.
Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. Journal Of Science and Social Research, 1(1), 73-79.
Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51-69.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Yuni, F., Karlimah., &. Ahmad, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perjuangan Melawan Penjajahan . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5. No. 2, hlm 129-14
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.