Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT): Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD

Authors

  • Fauzatul Ma'rufah Rohmanurmeta Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.14086

Keywords:

Model NHT, Hasil Belajar, pembelajaran Tematik

Abstract

Penciptaan interaksi agar siswa aktif dapat dilakukan melalui model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Nglayang 1 tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan eksperimen sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 1 Nglayang dan SD Negeri 2 Nglayang kelas IV yang masing-masing berjumlah 22 dan 23 siswa. Dengan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampel berjumlah 45 siswa. Data hasil belajar tematik diperoleh dari teknik tes berupa pilihan ganda. Analisis data diuji menggunakan uji-t. Analisis selisih rata-rata diperoleh tobs = 6,77 α = 0,05 dan DK = {t | t <-2.07 atau t> 2.07}. Karena DK DK, H0 ditolak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar tematik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fauzatul Ma'rufah Rohmanurmeta, Universitas PGRI Madiun

UNIPMA

References

Chellyana, K.W., &. Siswanto, S. (2015). Implementsi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 13. No. 2, hlm 89-96.

Dewi, R.D., Prihandono, T., &. Handayani, D.R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Disertai Metode Eksperimn pada Pembelajaran Fisika Kelas X di SMA Negeri Arjasa. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.5 No.1, hlm 47-52.

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 pada Pengajaran Micro di PGSD UAD Yogyakarta. Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2. No. 2, hlm 87-94.

Mulyana, M.A., Hanifah, N., &. Jayadinata, A.K. (2016). Penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Heads together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1, hlm 331-340.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Purwanto, A. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Examples Non Examples Di Kelas VIIh SMP 5 Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan, 2(1), 36-41.

Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. Journal Of Science and Social Research, 1(1), 73-79.

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51-69.

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Yuni, F., Karlimah., &. Ahmad, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perjuangan Melawan Penjajahan . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5. No. 2, hlm 129-14

Downloads

Published

2020-09-26