Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.14901Keywords:
Pengaruh, Snowball Throwing, Hasil Belajar, TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar tema 8. Desain penelitian ini Quasy Experimental Design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Grup Design, sampel penelitian kelas VA dan VB dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan posttes kemudian dianalisis menggunkan statistik parametrik dengan bantuan software SPSS 21.0 For Windows. Uji hipotesis menggunakan independen sampel t tes diperoleh t hitung 3,940 > t tabel 1,464 dan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya ditolak/ diterima maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar tema 8 pada siswa kelas V di MI Butanul Ulum Kota Batu
Downloads
References
Annisa’ul Mu’affifah, Budiyono. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Satuan Ukur Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. JPGSD. 3 (2): 781-783. (Online), dalam (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15483)
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain
Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kusumawati, Naniek. 2017. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. JPGSD. 2 (1). (Online),(http://ibriez.iainpono rogo.ac.id/index.php/ibriez/art icle/view/19/12)
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Najib, Sulaiha. 2006. Pembangunan karakter pada anak, mamajemen pembelajaran Guru menuju sekolah efektif. Surabaya: Surabaya Bandung: PT Remaja Intelektual Club. Rosdakarya.
Masyhuri, M. Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestas Pustaka Publisher.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.