Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar

Authors

  • Novia Tri Ananda Universitas Muhammadiyah Malang
  • Kuncahyono Kuncahyono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sudjalil Sudjalil Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.14901

Keywords:

Pengaruh, Snowball Throwing, Hasil Belajar, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar tema 8. Desain penelitian ini Quasy Experimental Design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Grup Design, sampel penelitian kelas VA dan VB dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan posttes kemudian dianalisis menggunkan statistik parametrik dengan bantuan software SPSS 21.0 For Windows. Uji hipotesis menggunakan independen sampel t tes diperoleh t hitung 3,940 > t tabel 1,464 dan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya ditolak/ diterima maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar tema 8 pada siswa kelas V di MI Butanul Ulum Kota Batu

References

Annisa’ul Mu’affifah, Budiyono. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Satuan Ukur Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. JPGSD. 3 (2): 781-783. (Online), dalam (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15483)

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain

Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Imron, Ali. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kusumawati, Naniek. 2017. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. JPGSD. 2 (1). (Online),(http://ibriez.iainpono rogo.ac.id/index.php/ibriez/art icle/view/19/12)

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Najib, Sulaiha. 2006. Pembangunan karakter pada anak, mamajemen pembelajaran Guru menuju sekolah efektif. Surabaya: Surabaya Bandung: PT Remaja Intelektual Club. Rosdakarya.

Masyhuri, M. Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestas Pustaka Publisher.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum.

Downloads

Published

2020-09-22