Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring

Authors

  • Sucahyo Mas'an Al Wahid Universitas Borneo Tarakan
  • Dedi Kusnadi Universitas Borneo Tarakan
  • Frendy Aru Fantiro

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030

Keywords:

persepsi, platform, pembelajaran daring, mahasiswa PGSD

Abstract

Koneksi internet dan jaringan menjadi kebutuhan pada era globalisasi saat ini, apalagi dihadapkan situasi permasalahan pada kondisi covid-19. Bukan hanya perekonomian yang berdampak seperti pada pemberitaan yang ada, akan tetapi sistem pembelajaran pun ikut beradaptasi. Seperti sistem perkuliahan mode daring yang dapat mengoptimalkan interaksi antara dosen dan mahasiswa melalui forum diskusi yang terdapat pada platform yang digunakan. Tujuan penelitian mengenal persepsi mahasiswa dalam pemanfaatan berbagai macam moda platform pembelajaran daring. Jenis penelitian survey berupa angket, uji validitas oleh ahli bahasa dan ahli konten platform yang pernah terlibat melaksanakan pembelajaran daring, kemudian dilakukan paparan analisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa, kesiapan pengisian angket oleh mahasiswa 45 dari 100, presentasi pengetahuan tentang platform 95% menguasai secara otodidak. persepsi terkait platform chatting room familiar namun kurang dalam keefektifan pemberian materi, persepsi terhadap platform virtual class fitur sesuai tetapi berbasis sinkronus, persepsi pemberian platform video conference kelayakan pembelajaran daring memuaskan jika jaringan stabil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adijaya.N. dan Santoso.L.P.2018. persepsi mahasiswa dalam pembelajaran online. Wanastra. 10(2), 55-60.

Alfina, O. (2020). Penerapan Lms-Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. MAJALAH ILMIAH METHODA, 10(1), 38-46.

Creswell.J.W. 2012. educational research: planning, conducing, dan evaluating quantitative and qualitative research. Educational research. Vol (4).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fallows.D. 2004. the internet and daily life. Pew research center’s internet and american life project.

Fenturini, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI METODE UP-CYCLING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SUB TEMA KOMPONEN EKOSISTEM PADA KELAS 5 SD (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1 SE-Articles). http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL/article/view/631.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Fortune.M.F., Spielmen.M., and Pangelinan.D.T. 2011. student’s perceptionsof online or face to face learning and social media in hospitality, recreation and tourism. MERLOT of journal online learning and teaching. 7(1). 1-16.

Gifan, A., Ramadani, N., & Suryani, E. (2020). PAKEM the Box of Pinisi sebagai Reaktualisasi Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1).

Hadi, L. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMIK COVID-19. Jurnal Zarah, 8(2), 56-61.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233.

Hartati, W. (2020). Persepsi mahasiswa tentang penerapan e-learning pada masa darurat covid-19. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 158-159.

Iswandari, Y. Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Daring Melalui Model Project Based Learning Berbantu Platform Zoom Meeting. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 187-194).

Julkifli, J., Masrukhi, M., & Susilaningsih, E. (2020). Learning Strategy of Pancasila and Citizenship Education on Students’ Character Development. Journal of Primary Education, 9(1), 14-21.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2).

Lin. E., and Lin.C.H. 2015. the effect of teacher student’s interaction on student’s learning achievement and online tutoring environment. International journal of technical research and apllications E-ISSN:2320-8163. 22(22). 19-22.

Maresta, N., & Abdurrahman, A. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KABA SABAI NAN ALUIH KARYA M. RASYID MANGGIS DT. RAJO PENGHULU DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT KELAS X SMA. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(5), 280-289.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 51-66.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).

Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan keterampilan menyimak melalui model pembelajaran artikulasi dan media boneka tangan pada pembelajaran tematik kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766-772.

Rahmawati, R., & Putri, E. M. I. (2020, June). Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 17-24).

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menanggapi Perkuliahan secara Daring Selama Masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143-153.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi daring, video conference dan sosial media pada mata kuliah komputer grafis 1 di masa pandemi covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Saifuddin. M.F. 2017. e-learning dalam persepsi mahasiswa. Varia pendidikan. Vol 29, No 2. desember 2017: 102-109.

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring

Downloads

Published

2020-09-26