Persepsi Mahasiswa PGSD tentang Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Microteaching
DOI:
https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17105Abstract
Microteaching merupakan salah satu matakuliah yang wajib diikuti bagi calon pendidik di Sekolah Dasar. Adanya kebijakan Pembelajaran online saat Pandemi Covid 21 menjadi sebuah tantangan dalam melaksanakan Microteaching. Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan respon mahasiswa tentang penggunaan Padlet sebagai media pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang dilaksanakan di Prodi PGSD Universitas Negeri Surabaya dengan responden 39 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket dan wawancara. Hasil penelitan menunjukkan bahwa 97,4% mahasiswa terbantu dengan penggunaan media Padlet saat matakuliah Microteaching. Hal yang diminati oleh mahasiswa tentang padlet secara rinci sebagai berikut, 33,3% mahasiswa menyukai padlet karena ada interaksi dengan teman dan Dosen; 30,8% merasa mudah dalam menggunakan padlet; 17,8% membantu mahasiswa memahami materi; dan 17.8 % menarik minat mahasiswa untuk belajar. Saran yang diberikan mahasiswa meliputi penambahan fitur dan tugas- tugas dalam padlet sehingga lebih bervariasi.
Downloads
References
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75
Arif Widodo, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4 Nomor 2, 100–115.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16.
Bramasta, D. (2021). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Masyarakat dan Budaya dengan Metode Field Trip. JP2SD (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR), 9(1), 1–15.
DeWitt, D., Alias, N., Ibrahim, Z., Shing, N. K., & Rashid, S. M. M. (2015). Design of a Learning Module for the Deaf in a Higher Education Institution Using Padlet. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 220–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.464
Fisher, C. D. (2017). Padlet: An Online Tool for Learner Engagement and Collaboration, Available at https://Padlet.com. Academy of Management Learning & Education, 16(1), 163–165. https://doi.org/10.5465/amle.2017.0055
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Forster, D. J. (2012). Codes of ethics in australian education: Towards a national perspective. Australian Journal of Teacher Education, 37(9), 10–17. https://doi.org/10.14221/ajte.2012v37n9.4
Hendriyani, Y., & Effendi, H. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Pemrograman di Fakultas Teknik UNP. 8(1), 48–58. https://doi.org/10.31227/osf.io/w826a
J. Topping, K. (2017). Peer Assessment : Learning by Judging and Discussing the Work of Other Learners. Interdisciplinary Education and Psychology, 1(1). https://doi.org/10.31532/interdiscipeducpsychol.1.1.007
Kamaruddin, M., & Ibrahim, S. I. (2021). Diagnostik Item Kebolehgunaan Padlet dalam Mengaplikasi Model Trialogical Menggunakan Pengukuran Rasch. Journal of ICT in Education (JICTIE), 8 Issue I(May), 61–72.
Kharis, M., Dameria, C. N., & Ebner, M. (2020). Perception and Acceptance of Padlet as a Microblogging Platform for Writing Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(13), 213–220. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i13.14493
Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75
Kusmawan, U. (2017). Online microteaching: A multifaceted approach to teacher professional development. Journal of Interactive Online Learning, 15(1), 42–56.
Lickona, T. (2009). Educating for character how our schools can teach respect and responsibility. Random House Publishing Group;Bantam Books.
Lin, G. Y. (2016). Effects that Facebook-based online peer assessment with micro-teaching videos can have on attitudes toward peer assessment and perceived learning from peer assessment. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2295–2307. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1280a
Niswati, F. I., & Sayekti, I. C. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mata Kuliah Microteaching. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.9128
Nofrion. (2021). Padlet sebagai Platform Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Journal UNP.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146.
Rahayu, E. M., Nungki, A., Inggris, P. B., Pgri, U., & Buana, A. (2021). PEMANFAATAN MODA APLIKASI PADLET UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAGI GURU-GURU SMA/K SE-KABUPATEN SIDOARJO. I(2), 84–95.
Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Jurnal Karya Ilmiah Guru Dinas, 6(2), 144–152.
Rohmatika, A. D. (2020). Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada Kelas Menulis. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1 Nomor 2(Desember 2020), 1–9.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sari, A. (2019). Efl Peer Feedback Through the Chatroom in Padlet. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(1), 46–57. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220105
Soffa, S. (2017). Microteaching (Suher (ed.)). Surabaya: Mavendra Pers.
Suryarini, D. Y. (2018). Implementasi Microteaching dengan Pembelajaran tematik Untuk Mengetahui Tingkat Teachers Self-Efficiacy Mahasiswa PGSD. Proseding Seminar Nasional “Profil Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0” Adi Buana University Press, 41–49.
Ukkas, I., & Latif, D. (2017). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb). Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1). https://doi.org/10.35906/je001.v6i1.167
Wahid, S. M. Al, Kusnadi, D., & Fantiro, F. A. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 170–178. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030
Yuanita. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PRAKTIKUM IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN BUNGA DAN BIJI PADA MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG. JP2SD (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR), 6(April), 27–35.
Zainuddin, N. M. (2020). Enhancing Classroom Engagement Through Padlet as a Learning Tool: A Case Study. International Journal of Innovative Computing, 10(1), 49–57. https://doi.org/10.11113/ijic.v10n1.250
Zutiasari, I. K. (2021). Development of Digital Sway Teaching Materials for Online Learning in the COVID-19 Pandemic Era. KnE Social Sciences, 200–209.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) agree to the following terms:
- For all articles published in Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), copyright is retained by the authors. Authors give permission to the publisher to announce the work with conditions. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the publishing right to the publisher.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.