Persepsi Mahasiswa PGSD tentang Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Microteaching

Authors

  • Putri Rachmadyanti

DOI:

https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17105

Abstract

Microteaching merupakan salah satu matakuliah yang wajib diikuti bagi calon pendidik di Sekolah Dasar.  Adanya kebijakan Pembelajaran online saat Pandemi Covid 21 menjadi sebuah tantangan dalam melaksanakan Microteaching. Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan respon mahasiswa tentang penggunaan Padlet sebagai media pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang dilaksanakan di Prodi PGSD Universitas Negeri Surabaya dengan responden 39 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket dan wawancara. Hasil penelitan menunjukkan bahwa 97,4% mahasiswa terbantu dengan penggunaan media Padlet saat matakuliah Microteaching. Hal yang diminati oleh mahasiswa tentang padlet secara rinci sebagai berikut, 33,3% mahasiswa menyukai padlet karena ada interaksi dengan teman dan Dosen; 30,8%  merasa mudah dalam menggunakan padlet; 17,8% membantu mahasiswa memahami materi;  dan 17.8 % menarik minat mahasiswa untuk belajar. Saran yang diberikan mahasiswa meliputi penambahan fitur dan tugas- tugas dalam padlet sehingga lebih bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Arif Widodo, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4 Nomor 2, 100–115.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16.

Bramasta, D. (2021). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Masyarakat dan Budaya dengan Metode Field Trip. JP2SD (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR), 9(1), 1–15.

DeWitt, D., Alias, N., Ibrahim, Z., Shing, N. K., & Rashid, S. M. M. (2015). Design of a Learning Module for the Deaf in a Higher Education Institution Using Padlet. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 220–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.464

Fisher, C. D. (2017). Padlet: An Online Tool for Learner Engagement and Collaboration, Available at https://Padlet.com. Academy of Management Learning & Education, 16(1), 163–165. https://doi.org/10.5465/amle.2017.0055

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Forster, D. J. (2012). Codes of ethics in australian education: Towards a national perspective. Australian Journal of Teacher Education, 37(9), 10–17. https://doi.org/10.14221/ajte.2012v37n9.4

Hendriyani, Y., & Effendi, H. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Pemrograman di Fakultas Teknik UNP. 8(1), 48–58. https://doi.org/10.31227/osf.io/w826a

J. Topping, K. (2017). Peer Assessment : Learning by Judging and Discussing the Work of Other Learners. Interdisciplinary Education and Psychology, 1(1). https://doi.org/10.31532/interdiscipeducpsychol.1.1.007

Kamaruddin, M., & Ibrahim, S. I. (2021). Diagnostik Item Kebolehgunaan Padlet dalam Mengaplikasi Model Trialogical Menggunakan Pengukuran Rasch. Journal of ICT in Education (JICTIE), 8 Issue I(May), 61–72.

Kharis, M., Dameria, C. N., & Ebner, M. (2020). Perception and Acceptance of Padlet as a Microblogging Platform for Writing Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(13), 213–220. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i13.14493

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Kusmawan, U. (2017). Online microteaching: A multifaceted approach to teacher professional development. Journal of Interactive Online Learning, 15(1), 42–56.

Lickona, T. (2009). Educating for character how our schools can teach respect and responsibility. Random House Publishing Group;Bantam Books.

Lin, G. Y. (2016). Effects that Facebook-based online peer assessment with micro-teaching videos can have on attitudes toward peer assessment and perceived learning from peer assessment. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2295–2307. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1280a

Niswati, F. I., & Sayekti, I. C. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mata Kuliah Microteaching. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.9128

Nofrion. (2021). Padlet sebagai Platform Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Journal UNP.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146.

Rahayu, E. M., Nungki, A., Inggris, P. B., Pgri, U., & Buana, A. (2021). PEMANFAATAN MODA APLIKASI PADLET UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAGI GURU-GURU SMA/K SE-KABUPATEN SIDOARJO. I(2), 84–95.

Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Jurnal Karya Ilmiah Guru Dinas, 6(2), 144–152.

Rohmatika, A. D. (2020). Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada Kelas Menulis. Jurnal Komunikasi & Bahasa, 1 Nomor 2(Desember 2020), 1–9.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, A. (2019). Efl Peer Feedback Through the Chatroom in Padlet. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(1), 46–57. https://doi.org/10.24071/llt.2019.220105

Soffa, S. (2017). Microteaching (Suher (ed.)). Surabaya: Mavendra Pers.

Suryarini, D. Y. (2018). Implementasi Microteaching dengan Pembelajaran tematik Untuk Mengetahui Tingkat Teachers Self-Efficiacy Mahasiswa PGSD. Proseding Seminar Nasional “Profil Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0” Adi Buana University Press, 41–49.

Ukkas, I., & Latif, D. (2017). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb). Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1). https://doi.org/10.35906/je001.v6i1.167

Wahid, S. M. Al, Kusnadi, D., & Fantiro, F. A. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Penggunaan Ragam Platform Pembelajaran Daring. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 170–178. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15030

Yuanita. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PRAKTIKUM IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN BUNGA DAN BIJI PADA MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG. JP2SD (JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH DASAR), 6(April), 27–35.

Zainuddin, N. M. (2020). Enhancing Classroom Engagement Through Padlet as a Learning Tool: A Case Study. International Journal of Innovative Computing, 10(1), 49–57. https://doi.org/10.11113/ijic.v10n1.250

Zutiasari, I. K. (2021). Development of Digital Sway Teaching Materials for Online Learning in the COVID-19 Pandemic Era. KnE Social Sciences, 200–209.

Downloads

Published

2021-09-14